Bandara Sentani Distribusikan Bantuan Bencana ke Titik Tersulit

Bandara Sentani di Jayapura melaksanakan pendistribusian bantuan ke daerah yang terkena dampak musibah banjir bandang, langsung ke titik pengungsi yang sulit dijangkau dengan menggunakan kapal.
Rio Sandy Pradana | 26 Maret 2019 09:57 WIB
Warga menggunakan perahu melintas di antara rumah yang terendam banjir akibat meluapnya Danau Sentani dampak dari banjir bandang Sentani di Kampung Yoboi, Sentani, Jayapura, Papua, Jumat (22/3/2019). - ANTARA/Gusti Tanati

Bisnis.com, JAKARTA - Bandara Sentani di Jayapura melaksanakan pendistribusian bantuan ke daerah yang terkena dampak musibah banjir bandang, langsung ke titik pengungsi yang sulit dijangkau dengan menggunakan kapal.

Kepala Bandara Sentani Antonius Widyo Praptono mengatakan bahwa bantuan disalurkan ke daerah pulau-pulau kecil di sekitar Bandar Udara Sentani  yaitu Asey Kecil, Asey Besar, Puay dan Ayapo, Simporo, Yalo, Kalio dan Kampung Sere.

Adapun, Kementerian Perhubungan menghinstruksikan kepada Bandara Sentani untuk segera membangun posko bantuan sejak terjadinya bencana banjir bandang. 

"Kami langsung membangun Posko Peduli Banjir sesuai arahan Dirjen Perhubungan Udara dengan membangun posko di rumah dinas kepala bandara, agar mudah terkontrol dan terorganisir semua bantuan yang masuk maupun keluar," kata Antonius dalam siaran pers, Senin (25/3/2019).

Dia menjelaskan bantuan yang diterima oleh Posko Bandar Udara Sentani berasal dari berbagai pihak, terutama dari Keluarga besar di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Bantuan berupa makanan cepat saji, air mineral, sembako, hingga pakaian layak pakai.

Bantuan tersebut, ujarnya, distribusikan langsung dengan menggunakan kapal menuju ke daerah yang sulit dijangkau. Bantuan lainnya yang diperlukan oleh para korban yaitu air bersih dan juga kain terpal untuk dijadikan tenda dan alas tidur, karena intensitas hujan masih cukup tinggi.

Secara terpisah, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B. Pramesti mengungkapkan rasa dukanya untuk para korban terkena dampak banjir bandang.

"Kami, keluarga besar Direktorat Jenderal Perhubungan Udara mengungkapkan duka cita bagi saudara-saudara kami di Sentani, Jayapura, Papua yang menjadi korban dari musibah Banjir Bandang terutama bagi  pegawai Bandar Udara Sentani yang turut terkena dampak banjir bandang tersebut, karena duka ini merupakan duka bagi seluruh bangsa Indonesia," kata Polana.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
banjir bandang, Sentani

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top