Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terkena Abrasi Laut, Jalan Nasional Bengkulu Utara akan Diperbaiki Kementerian PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan perbaiki jalan non nasional yang terkena abrasi air laut sehingga hampir melumpuhkan 9 desa di Bengkulu Utara.
Menteri BUMN Rini Soemarno (dari kanan), bersama Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, dan Direktur Utama Pelindo II Elvyn G Masassya melakukan peletakan batu pertama  perbaikan Jembatan Abrasi, di Kelurahan Sumber Jaya, Kota Bengkulu, Kamis (23/11)./JIBI-Novita Sari Simamora
Menteri BUMN Rini Soemarno (dari kanan), bersama Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, dan Direktur Utama Pelindo II Elvyn G Masassya melakukan peletakan batu pertama perbaikan Jembatan Abrasi, di Kelurahan Sumber Jaya, Kota Bengkulu, Kamis (23/11)./JIBI-Novita Sari Simamora

Bisnis.com, BENGKULU - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan perbaiki jalan non nasional yang terkena abrasi air laut sehingga hampir melumpuhkan 9 desa di Bengkulu Utara.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa setelah meninjau dua jalan yang terkena abrasi di kawasan Bengkulu Utara, pihaknya akan melakukan perbaikan dan tindakan preventif agar tidak lagi terjadi kasus serupa.

"Jadi saya kira walaupun ini non status ini ya, tapi ada 9 desa disini tetap harus saya kerjakan ya April 2019. Nanti putus tambah susah," ujarnya saat peninjauan jalan yang terkena abrasi di Bengkulu, Sabtu (16/3/2019).

Sebagai informasi, Provinsi Bengkulu memiliki garis panjang 525 kilometer yang melintasi 7 kabupaten, dan abrasi jalan ini acapkali terjadi. Basuki menambahkan, akan dilakukan langkah pencegahan abrasi ini kembali terjadi.

"Kita bikin tanah dulu dengan batu-batu besar, mencegah hal serupa biasanya pake tetrapod. Tapi kita cari yang prioritas, Kalau mau kita prospek pake tetrapod tapi lebih mahal," tuturnya.

Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Hari Suprayogi mengatakan bahwa untuk tahun ini belum ada wacana untuk melakukan pengamanan di Bengkulu, namun apabila dibutuhkan akan dikerjakan. "Tahun ini pengamanan di bengkulu tidak ada, tapi selama ini ada di Kabupaten Mukomuko."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper