Bangun Rest Area, Jasa Marga Investasi Rp1,1 Triliun

PT Jasamarga Properti (JMP), anak usaha PT Jasa Marga Tbk. mengeluarkan investasi Rp1,1 triliun hingga Rp1,2 triliun untuk pembangunan tempat istirahat dan pelayanan (TIP) di beberapa ruas jalan tol dalam 3 tahun terakhir.
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 13 Februari 2019  |  22:56 WIB
Bangun Rest Area, Jasa Marga Investasi Rp1,1 Triliun
Petugas dari Pertamina mengisi BBM di rest area KM 597 B, Madiun, Jawa Timur. - Bisnis/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA – PT Jasamarga Properti (JMP), anak usaha PT Jasa Marga Tbk. mengeluarkan investasi Rp1,1 triliun hingga Rp1,2 triliun untuk pembangunan tempat istirahat dan pelayanan (TIP) di beberapa ruas jalan tol dalam 3 tahun terakhir.

Direktur Keuangan dan Pengembangan JMP, Dian Takdir Badrsyah, mengatakan investasi tersebut digunakan untuk membiayai konstruksi TIP di seluruh Indonesia, mulai dari lintas Trans Jawa dan di luar Jawa. Dia menyebutkan investasi bisa meningkat karena ada permintaan dari penyewa baru di beberapa TIP.

Secara umum biaya konstruksi per meter persegi mencapai Rp4 juta. TIP yang dibangun JMP, lanjut Dian, memiliki luas yang berbeda, tergantung pada tipe TIP. Untuk diketahui, TIP dibagi menjadi tiga tipe berdasarkan luas area dan fasilitas pelayanan.

"Total ada 31 TIP yang kami bangun dalam 3 tahun. Investasinya Rp1,1-Rp1,2 trilun," ujar Dian di Jakarta pada Rabu (13/2/2019).

Dia menuturkan secara umum titik impas dari investasi yang dikeluarkan atau break even point dalam pengusahaan TIP mencapai 8 hingga 10 tahun. Dia menyebutkan jangka waktu pengembalian investasi yang panjang menjadi tantangan karena sebagian besar penyewa di TIP perseroan dari kalangan usaha kecil dan menengah (UKM).

Menurut Dian, kalangan UKM belum terbiasa melakukan kontrak jangka panjang. Rata-rata durasi kontrak sewa dengan UKM baru 1 tahun. Namun, dia optimistis pelaku usaha UKM di TIP perseroan bisa terus berkembang. Secara keseluruhan, alokasi untuk UKM di TIP milik JMP mencapai 70%.

"Pesan Presiden jelas, kami wajib membina UMKM. Kami juga kerja sama dengan bank BUMN yang punya mitra binaan," tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jalan tol, jasa marga

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top