Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Pasar Hunian Ekspatriat Mekar Jika Infrastruktur Kelar

Pasar perumahan ekspatriat potensial untuk dibangun di luar Jakarta, seperti di Cikarang dan Karawang.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 16 Januari 2019  |  18:09 WIB
Pasar Hunian Ekspatriat Mekar Jika Infrastruktur Kelar
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pasar perumahan ekspatriat potensial untuk dibangun di luar Jakarta, seperti di Cikarang dan Karawang.

Senior Associate Director Colliers International Indonesia Ferry Salanto mengatakan bahwa di daerah Cikarang dan Karawang sebagai kawasan industri akan membuat akses pekerja ekspatriat lebih mudah.

“Ke depan, pengembang bisa bikin apartemen yang kelasnya sesuai dengan mereka, misalnya untuk orang Jepang, buat ruangan seperti model rumah yang ada di Jepang, ada restoran Jepangnya juga. Karena perlu diingat bahwa mereka punya kehidupan di luar apartemen yang cukup aktif juga,” paparnya kepada Bisnis belum lama ini.

Alasan ekspatriat masih memilih wilayah Jakarta Selatan untuk pusat huniannya adalah karena secara fasilitas, kebutuhan mereka terpenuhi. Di Jakarta Selatan, imbuh Ferry, ada bar untuk hiburan hingga sekolah internasional untuk anak-anak.

Untuk saat ini, minat tinggal di Cikarang dan Karawang dinilai Ferry belum ada, melihat sekarang perjalanan yang ditempuh dari Jakarta ke Cikarang tak hanya jauh tapi juga macet. Pembangunan apartemen di kawasan industri itu akan lebih cocok bagi mereka yang tidak membawa keluarga.

“Orang sudah mulai berpikir untuk tinggal di sana aja selama fasilitasnya tersedia dari pengembangnya untuk tetap bisa mengakses ke tengah kota atau fasilitas lain yang tidak ada di sana. Dua atau tiga tahun lagi kan tol selesai, ada LRT juga, jadi itu kan sudah menjadi katalis ya expat housing, sudah memungkinkan hunian di daerah Cikarang. Tapi sekarang daya Tarik memang belum ada terutama kalau mereka membawa keluarga,” kata Ferry.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekspatriat
Editor : M. Rochmad Purboyo
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top