Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

5 Berita Populer Finansial, Kebijakan Transfer Daerah & Dana Desa Berubah, Penyuntikan Modal Bank Muamalat Terganjal

Aksi pemerintah yang melakukan beberapa perubahan kebijakan cukup signifikan dalam APBN 2019 terkait tranfer daerah dan dana desa menjadi berita terpopuler di kanal Finansial Bisnis.com pada hari Selasa (11/20/2018).
Ahmad Rifai
Ahmad Rifai - Bisnis.com 11 Desember 2018  |  14:25 WIB
Dana desa - Ilustrasi
Dana desa - Ilustrasi

1. Ini Perubahan Kebijakan Transfer Daerah & Dana Desa

Pemerintah melakukan beberapa perubahan kebijakan yang cukup signifikan dalam APBN 2019 yang dialokasikan untuk transfer ke daerah dan dana desa (TKDD).

Dalam APBN 2019 dialokasikan anggaran TKDD 2019 sebesar Rp826,77 triliun atau naik Rp69,8 triliun atau 9,22% dari outlook APBN 2018 yaitu Rp756,97 triliun.

Baca selengkapnya di sini.

2. Jiwasraya Berharap Tambahan Premi dari Sinergi BUMN

Kementerian BUMN mendorong sinergi BUMN dengan pemanfaatan basis konsumen yang dimiliki BUMN dalam menyelesaikan tekanan likuiditas yang tengah dihadapi PT Asuransi Jiwasraya.

Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei, dan Konsultasi Kementerian BUMN Gatot Trihargo menjelaskan, Kementerian BUMN tidak akan memberikan tambahan modal kepada Jiwasraya dalam menyelesaikan persoalan likuiditasnya.

Baca selengkapnya di sini.

3. Perlu Sinergi Pusat dan Daerah Hadapi Tantangan Ekonomi Global

Pemerintah pusat menekankan pentingnya sinergi antara pusat dan daerah terutama menghadapi perekonomian global yang dibayangi ketidakpastian dan perlambatan. Kuncinya dengan menjaga APBN dan APBD serta memperbaiki iklim investasi.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menuturkan pihaknya menginginkan adanya sinergi yang semakin kuat tidak hanya dalam penggunaan APBN dan APBD, tapi juga dalam menciptakan lingkungan usaha dan investasi yang baik.

Baca selengkapnya di sini.

4. Commonwealth Maksimalkan Layanan Digital

PT Bank Commonwealth menargetkan realisasi penyaluran kredit pada 2019 tumbuh sekitar 18% - 19% secara tahunan dengan memaksimalkan fasilitas perbankan digital.

Presiden Direktur Bank Commonwealth Lauren Sulistiawati mengatakan, perseroan akan meningkatkan penyaluran kredit pada segmen usaha kecil dan menengah (UKM) serta segmen ritel.

Baca selengkapnya di sini.

5. Penyuntikan Modal Bank Muamalat Terganjal

Rencana suntikan modal kepada PT Bank Muamalat Indonesia Tbk. melalui penerbitan saham terbatas tersendat. Bank syariah tertua di Tanah Air ini masih menunggu kepastian dana konsorsium bentukan Ilham Habibie.

Hal tersebut disampaikan oleh Andre Mirza Hartawan, pemilik 1,66% saham Bank Muamalat. Menurut info terakhir yang dia terima pada dua pekan lalu, konsorsium belum memberikan kejelasan soal tambahan ekuitas.

Baca selengkapnya di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

modal commonwealth bank daerah jiwasraya dana desa dana transfer daerah
Editor : Surya Rianto
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top