Memcermati Suku Bunga KPR yang Ditawarkan di IPEX 2018

Dalam penyelenggaraan Indonesia Property Expo 2018, berbagai diskon dan promo ditebar pengembang dari sisi uang muka, cicilan ataupun diskon suku bunga.
Anitana Widya Puspa | 28 September 2018 16:31 WIB
Pengunjung mencari informasi tentang keunggulan Modular di stand PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk dalam Pameran Indonesia Property Expo (IPEX) 2018 di JCC, Jakarta, Kamis (27/9/2018). - JIBI/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA—Dalam penyelenggaraan Indonesia Property Expo 2018, berbagai diskon dan promo ditebar pengembang dari sisi uang muka, cicilan ataupun diskon suku bunga.

Berdasarkan pantauan Bisnis di lapangan, dari sisi uang muka, rata-rata pengembang menawarkan uang muka sebesar 5% , beberapa diantaranya bisa dicil 5 kali, namun adapula yang masih menawarkan uang muka 10% atau tanpa DP.

Sementara itu dari sisi tingkat suku bunga, sejumlah pengembang di pameran ini menyatakan tetap optimistis dengan penjualan kendati suku Bunga 7 Days BI Repo Rate baru saja naik kembali menjadi 5,75%.

Pasalnya di pameran ini mereka mengikat suku bunga di kisaran 6,25% selama setahun disusul tahun berikutnya suku bunga floating.

Misalnya saja, Kalindo Land dengan DP 0%, KPR dengan bunga 6,25% fixed setahun dan rumah subsidi dengan nilai cicilan hanya Rp900 ribuan per bulan. Saat ini perusahaan menawarkan 8 proyek perumahannya di kawasan Tangerang, Cibubur, Cileungsi, Bogor dan Bekasi .

Selanjutnya PP Urban yang menawarkan Urbantown Serpong dan Karawang, juga menyebut hal serupa. Suku bunga KPR itu bekerja sama dengan bank BTN yang memberikan diskon hingga 2%.

Mulanya suku bunga KPR bank itu adalah 8,25%. Timah properti juga menawarkan suku bunga serupa, dengan proyek Familia Urban di kawasan Bekasi.

Suku bunga berbeda dilakukan oleh PT Permata Saktu Mandiri dengan proyek Cimanggis City. Adapun tipe hunian yang ditawarkan yaitu Tipe 21 (studio) dan Tipe 36 (2 kamar) dengan harga mulai dari Rp299 jutaan.

Cimanggis City juga menggandeng Bank BTN memberikan program free biaya KPA dengan bunga bank rendah hanya sebesar 5,95% saja.

Tag : pameran properti, bunga kpr
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top