Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menteri Basuki Targetkan Bendungan Gondang Rampung Oktober 2018

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan bendungan Gondang dapat rampung pada Oktober 2018.
Waduk Gondang/eastjava.com
Waduk Gondang/eastjava.com

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan bendungan Gondang dapat rampung pada Oktober 2018.

Hal tersebut diungkapkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau progres pembangunan bendungan usai peresmian Tol Kartasura-Sragen, kemarin (15/7/2018).

"Progresnya sudah 82% dan dijadwalkan bisa selesai bulan Oktober 2018 agar bisa memanfaatkan musim hujan akhir tahun dalam pengisian bendungan" kata Basuki dikutip dari keterangan resmi, Senin (16/7/2018).

Bendungan Gondang memiliki kapasitas tampung 9,15 juta meter kubik dan akan menyuplai air bagi daerah irigasi seluas 4.680 hektar di Kabupaten Karanganyar dan Sragen.

Selain itu, bendungan nantinya juga akan difungsikan sebagai sumber air baku 200 liter/detik untuk Kabupaten Karangayar, konservasi air, pengendali banjir dan destinasi wisata.

Pembangunan dilakukan sejak 2014 dengan anggaran Rp657 miliar dengan kontraktor PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Sepanjang tahun ini, Kementerian PUPR menargetkan 8 bendungan akan rampung. Kedelapan bendungan tersebut yaitu bendungan Rotiklot di NTT, Tanju dan Mila di NTB, Gondang dan Logung di Jawa Tengah, Sei Gong di Batam, Paselloreng di Sulawesi Selatan dan Sindang Heula di Banten.

Sepanjang 2018, Kementerian PUPR sudah melelang tujuh proyek bendungan yakni Bendungan Sidan (Bali), Bener (Jawa Tengah), Tiga Dihaji (Sumatera Selatan) Jelantah (Jateng), Randugunting (Jateng), Beringin Sila (Nusa Tenggara Barat), dan Sadawarna (Jawa Barat).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Irene Agustine
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper