Harga Bawang Putih Berangsur Normal

Harga bawang putih di pasar ritel Jakarta mulai berangsur turun ke level Rp46.000 per kg pada hari ini. Pada awal April, harga bawang putih sempat mecapai level R66.000 per kg.
Pandu Gumilar | 19 April 2018 16:28 WIB
Pekerja menata tumpukan bawang putih saat operasi pasar bawang putih di Semarang, Jawa Tengah, Jumat (2/6). - Antara/R. Rekotomo

Bisnis.com, JAKARTA – Harga bawang putih di pasar ritel Jakarta mulai berangsur turun ke level Rp46.000 per kg pada hari ini. Pada awal April, harga bawang putih sempat mecapai level R66.000 per kg.

Sementara ini hanya satu wilayah yang berada di ambang batas yaitu Maluku Utara dengan level Rp53.000 per kg, sedangkan sisanya berada di level normal sekitar Rp35.000 per kg. Adapun kondisi harga bawang putih secara nasional saat ini berkisar di level Rp34.700 per kg.

Pedagang bawang putih Pasar Induk Kramat Jati Siti Khairul mengatakan saat ini pasokan bawang putih ke Pasar Induk mulai berangsur normal.

“Mulai jumat sabtu [pekan kemarin] sudah mulai banyak masuk [kontainer bawang putih]. Hari ini saya dikasih satu kontainer bawang putih kating,” katanya kepada Bisnis pada Kamis (19/4/2018).

Siti Khairul menjual bawang putihnya di kisaran harga Rp19.000 per kg, sedangkan untuk harga jual dalam bentuk partai Rp18.500 per kg.

Sementara itu, kondisi di Pasar Induk Kemang Bogor pun tidak jauh berbeda. Suparta, pedang bawang putih yang ikut berangkat ke Komisi IV DPR belum lama ini, mengatakan kondisi saat ini sudah jauh lebih baik karena tidak ada lagi kekosongan stok.

“Ada cuma masih belum lancar benar, tapi paling tidak barang tidak benar-benar sampai kosong bener,” katanya.

Menurutnya, sudah ada truk kontainer yang memasok bawang putih ke Pasar Induk Kemang sekitar 1 atau dua truk. Namun, hal ini masih terbilang sedikit karena dalam keaadan normal pemasukan bisa mencapai 4 truk kontainer dalam seminggu.

Suparta menduga hal ini terjadi lebih disebabkan karena kondisi pasar yang sedang lesu. Dia menambahkan untuk saat ini harga bawang putih di lokasinya berkisar antara Rp19.000 – Rp21.000 per kg. Sementara itu harga normal bawang putih per kg berada di bawah Rp18.000.

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
hortikultura, bawang putih

Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top