Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ditjen Bea & Cukai Berpacu Tekan Dwelling Time Jadi 3 Hari

Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) terus berupaya mengejar lama singgah kontainer atau dwelling time menjadi tiga hari sesuai instruksi Presiden Joko Widodo.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 03 April 2018  |  16:34 WIB
Loading the player ...
PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) menilai perlu koordinasi lebih erat antara seluruh pemangku kepentingan untuk menekan angka dwelling time di Pelabuhan Tanjung Perak

Bisnis.com, JAKARTA – Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) terus berupaya mengejar lama singgah kontainer atau dwelling time menjadi tiga hari sesuai instruksi Presiden Joko Widodo. 

Kasubdit Impor Direktur Teknis Kepabean DJBC Djanurindo Wibowo mengatakan ada tiga bagian yang dilakukan untuk menekan dwelling time

"Mulai dari pre clearance, custom clearance, dan post clearance," katanya pada acara diskusi Dwelling Time: Meningkatkan atau Menurunkan Biaya Logistik? di Jakarta, Selasa (3/4/2018). 

Djanurindo menjelaskan faktor yang membuat waktu singgah peti kemas dari sisi pre clearance adalah kecepatan penyelesaian dokumen. 

Di custom clearance, petugas yang sigap dalam memeriksa barang juga menjadi faktor penting. Tentunya ini dilakukan tanpa mengurangi ketelitian dalam pemeriksaan barang. Terakhir, saat bongkar muat perlu ada sistem yang sudah terintegrasi melalui daring. 

Untuk membuat ketiga faktor itu menjadi semakin cepat, BC membuat surat persetujuan pengeluaran barang (SPPB) yang memungkinkan diperiksa sebelum barang tiba. 

Selain itu Djanurindo sedang mempersiapkan  sistem pembayaran yang lebih maju seperti menggunakan fintech. 

"Saya lihat prototipe dari Jepang dan Indonesia harus bisa. Jaman sekarang sudah digital. Harus ada komitmen ke arah sana," jelasnya. 

Terakhir dengan pesanan pengiriman secara elektronik yang sudah diatur melalui Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 120 Tahun 2017 tentang Pelayanan Pengiriman Pesanan Secara Elektronik atau Delivery Order Online (DO Online) Barang Impor di Pelabuhan. 

Awal tahun ini, dwelling time di Pelabuhan Tanjung Priok mencapai 4,84 hari. Sementara pada Maret turun menjadi 3,42 hari. Angka ini masih jauh dari perintah Jokowi yang menginginkan tiga hari. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dwelling time
Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top