Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Promosi Kuliner, Kopi, dan Pariwisata Indonesia di Slowakia

Para pelaku bisnis Indonesia di Slowakia bekerja sama dengan KBRI Bratislava menggelar sejumlah rangkaian acara untuk mempromosikan kuliner, kopi, dan pariwisata Indonesia.
CEO Bubo Travel Lubos Fellner saat presentasi mengenai Bali./Dok. KBRI Bratislava
CEO Bubo Travel Lubos Fellner saat presentasi mengenai Bali./Dok. KBRI Bratislava

Bisnis.com, BRATISLAVA – Para pelaku bisnis Indonesia di Slowakia bekerja sama dengan KBRI Bratislava menggelar sejumlah rangkaian acara untuk mempromosikan kuliner, kopi, dan pariwisata Indonesia.

Rangkaian acara tersebut dimulai dari keikutsertaan pada festival makanan di salah satu pasar terbesar dan pusat keramaian kota Bratislava, yaitu festival “Ochutnaj a Vypi Svet” (Taste Food and Drink the World), Bratislava pada 24-25 Maret 2018, hingga penyelenggaraan secara terpisah promosi kuliner dan kopi Indonesia di restoran Makan di Bratislava.

Duta Besar RI untuk Slowakia Adiyatwidi Adiwoso Asmady sangat mengapresiasi peran aktif dari para pebisnis Indonesia di Slowakia.

“Diaspora Indonesia di luar negeri harus tahan banting, kreatif, pandai mencari peluang, dan menjalin network. Untuk itu, KBRI akan selalu memberikan dukungan kepada setiap entitas Indonesia sebagai media soft power diplomacy Indonesia di Slowakia,” ujarnya seperti dilansir dari siaran pers KBRI Bratislava, Rabu (28/3/2018) waktu setempat.

Festival “Ochutnaj a Vypi Svet” juga dirangkai dengan kegiatan promosi destinasi wisata dari berbagai negara. Festival ini diikuti oleh 12 Kedutaan Besar dan kantor pariwisata, 20 industri makanan dan restoran, 50 stan minuman.

Selain Indonesia, negara lain yang mengikuti Festival tersebut antara lain AS, Bulgaria, Republik Ceko, Hungaria, India, Inggris, Kuba, Norwegia, Polandia, dan Vietnam.

Di festival tersebut, stan Indonesia menjual paket komplet rendang, soto Banjar, perkedel tahu, dan es buah agar-agar yang disiapkan oleh restoran Yusuf’s Kitchen. Selain itu, diperkenalkan pula produk-produk Indofood dan Mayora kepada para pengunjung seperti kopi instan, teh, dan mie instan.

Sementara itu, distributor kopi Indonesia di Slowakia, Petimera Coffee, menjual berbagai produk kopi Indonesia seperti kopi Linthong, Toraja, Kintamani, Aceh Gayo, dan Flores Bajawa.

Adapun promosi pariwisata Indonesia dilakukan oleh Bubo Travel yang merupakan tour operator terbesar di Slowakia.

Presentasi disampaikan langsung oleh Lubos Fellner, CEO Bubo Travel. Menurutnya, saat ini turis asal Slowakia tidak hanya mencari paket wisata ke Bali tapi juga ke Jawa, Kalimantan, Sumatra, Komodo, Lombok, dan Flores.

Pada kesempatan terpisah, Restoran Makan, restoran Indonesia di Bratislava, juga mengadakan promosi kuliner Indonesia khususnya sate dan berbagai produk kopi Indonesia. Secara khusus, promosi kopi Indonesia dipresentasikan oleh Trigo Neo Starden yang menjelaskan sejarah kopi di Indonesia hingga sampai terjual di Harrods, pusat belanja terkenal di London.

Keikutsertaan Indonesia pada berbagai event tersebut mendapatkan respons positif dari banyak pihak. Yusuf Kitchen mendapatkan tawaran untuk membuka cabang di Bratislava.

Sementara itu, pihak Bubo berminat untuk menjajaki pembuatan paket wisata ke Derawan karena tertarik dengan danau yang memiliki biota ubur-ubur yang tidak memiliki sengat beracun.

Demikian halnya dengan Petimera yang mendapatkan calon mitra sebagai reseller. Adapun restoran Makan akan menjadi salah satu distributor produk kopi Indonesia dengan label “Makan”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Annisa Margrit
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper