Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kemenhub Serahkan Kapal Navigasi untuk Masyarakat NTT

Kementerian Perhubungan memulai operasi Kaval Navigasi Kelas I KN Nipa di Nusa Tenggara Timur (NTT). Pengoperasian diresmikan lewat prosesi serah terima kapada masyarakat NTT.
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 23 Maret 2018  |  17:58 WIB
Ilustrasi kapal navigasi - Ilustrasi/Antara
Ilustrasi kapal navigasi - Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan memulai operasi Kaval Navigasi Kelas I KN Nipa di Nusa Tenggara Timur (NTT). Pengoperasian diresmikan lewat prosesi serah terima kapada masyarakat NTT.

Direktur Kenavigasian Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub Sugeng Wibowo mengatakan kapal kenavigasian akan bertugas dalam mendukung keselamatan pelayaran. KN Nipa diserahkan secara simbolis kepda Ketua Komisi V DPR RI Fary Djemy Francis selaku perwakilan warga NTT.

“Kapal Kelas I Kenavigasian KN. Nipa merupakan kapal baru Kementerian Perhubungan hasil buatan anak bangsa yang diproduksi galangan kapal PT Citra Shipyard Batam,” ujar Sugeng dalam siaran pers pada Jumat (23/3/2018).

Sugeng menambahkan KN Nipa memiliki panjang 60 meter dan bisa melaju dengan kecepatan 15 knot. Kapal ini bisa berlayar dengan daya jelajah sejauh 4.000 mil laut.

Kapal ini merupakan satu dari dua kapal yang diproduksi galangan Citra Shipyard dengan biaya Rp23,77 miliar. Pendanaan sepenuhnya berasal dari anggaran negara.

Pengoperasian kapal ini menurut Sugeng diharapkan bisa optimal untuk kebutuhan masyarakat NTT, khususnya dalam mendukung penyelenggaraan transportasi laut yang aman, tertib, dan selamat.

Hal itu juga menjadi komitmen pemerintah sebagia regulator penyelenggaraan transportasi laut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kapal navigasi
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top