Kominfo Serahkan Kustomisasi Digital Dashboard ke Kemenhub

Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menyerahkan hasil kustomisasi digital dashboard angkutan sewa khusus kepada Dirjen Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan. Penyerahan dimaksudkan agar alat tersebut dapat diterapkan pada seluruh pengemudi angkutan daring.
Sholahuddin Al Ayyubi | 14 Februari 2018 19:23 WIB
Ilustrasi - hardracing.com

Bisnis.com, JAKARTA--‎Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menyerahkan hasil kustomisasi digital dashboard angkutan sewa khusus kepada Dirjen Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan. Penyerahan dimaksudkan agar alat tersebut dapat diterapkan pada seluruh pengemudi angkutan daring.

Direktur Jenderal Aplikasi dan Informatika (Aptika) Kemkominfo Samuel Abrijani Pangerapan‎ mengemukakan digital dashboard tersebut dikembangkan dari mock-up yang telah ditampilkan pada rapat 2 Februari 2018. Rapat dihadiri Menteri Kominfo dan Menteri Perhubungan.

Menurut pria yang akrab disapa Semmy tersebut, aplikasi digital dashboard akan selalu dikembangkan dan dimutakhirkan.

"Hari ini surat hasil finalisasi digital dashboard sesuai yang telah disepakati Senin (12/2) lalu telah saya kirimkan kepada Dirjen Perhubungan Darat, dilampiri petunjuk atau manual serta kode otorisasi akses untuk Ditjen Hubdat dan beberapa Dinas Perhubungan Provinsi. Sejak kemarin digital dashboard sudah diselesaikan sebenarnya," tuturnya, Rabu (14/2/2018).

Dia ‎meminta Dirjen Perhubungan Darat untuk bekerja sama dengan Kemkominfo dan mengkomunikasikan seluruh Dinas Perhubungan Darat agar mengisi data dan informasi apa saja yang sangat dibutuhkan untuk pengambilan keputusan dan pengendalian pengemudi daring oleh Dinas Perhubungan.

"‎Masukan dari Dinas Perhubungan belum banyak. Kami berharap masukan dari kalangan Dinas Perhubungan untuk pengembangan digital dashboard secara terus-menerus. Selain itu, berkenaan dengan data agar dicermati apa saja yang dibutuhkan. Kali ini kami pertimbangkan tidak menampilkan data nomor telepon pengemudi karena sangat melindungi data pribadi para pengemudi," katanya.

 

Tag : taksi online
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top