Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LAPORAN DARI MANILA: Croplife Melawan Peredaran Pestisida Palsu

Asosiasi industri produk agrokimia Croplife melakukan berbagai upaya dalam melawan peredaran pestisida palsu di masyarakat khususnya petani.

Bisnis.com, MANILA – Asosiasi industri produk agrokimia Croplife melakukan berbagai upaya dalam melawan peredaran pestisida palsu di masyarakat khususnya petani.

Croplife Asia Lead for IP and Anti Counterfeiting, Trina J de Vera mengatakan pestisida palsu sangat berdampak buruk bagi pertanian.

"Dampaknya banyak sekali, mulai merugikan petani, merusak tanaman dana lahan pertanian, membuat serangga menjadi resisten atau kebal pestisida," katanya dalam Plant Science Primer 2017, Manila Filipina, Selasa (14/11/2017).

Beragam risiko penggunaan pestisida palsu itu akan memberi pengaruh jangka panjang, yaitu mengganggu perekonomian nasional suatu negara, larangan ekspor produk pertanian, hingga kelaparan.

Karena risiko itulah, Croplife telah melangkukan serangkaian upaya melawan pestisida palsu dengan berbagai cara.

Salah satunya mendorong penerapan regulasi tentang pendaftaran pestisida yang beredar. Lalu mendokumentasikan setiap penggunaan pestisida di produk pertanian. Bila ditemukan ada pestisida tidak terdaftar yang dipakai, itu masuk kategori ilegal dan harus dihentikan.

"Langkah ini tidak hanya membutuhkan peran pemerintah dari negara terkait, tapi semua pihak terlibat seperti petani, hingga sektor swasta sebagai produsen agrokimia," katanya.

Adapun Croplife Asia mendorong penggunaan teknologi di sektor pertanian hingga pemanfaatan pestisida yang tepat sasaran untuk mendorong pengembangan pertanian di semua negara Asean.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arif Gunawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper