Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kenduri e-UKM : iDEA Gelar Pelatihan Perdagangan Elektrik Bagi UMKM Surabaya

Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA) menggelar Kenduri e-UKM di Surabaya, kota keempat yang menjadi tuan rumah kegiatan ini. Tiga kota sebelumnya yaitu Yogyakarta, Makassar, dan Bandung.
Ilustrasi/dphase.com
Ilustrasi/dphase.com

Bisnis.com, JAKARTA—Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA) menggelar Kenduri e-UKM di Surabaya, kota keempat yang menjadi tuan rumah kegiatan ini. Tiga kota sebelumnya yaitu Yogyakarta, Makassar, dan Bandung.

Setelah Surabaya, Kenduri e-UKM akan menyasar kota-kota lainnya. Kenduri yang bermakna “selamatan” atau semangat baru yang menjadi dasar dari dilaksanakannya acara pelatihan e-UKM bertujuan mempercepat pertumbuhan e-commerce di Indonesia melalui stimulus dan pembekalan kepada para pelaku UMKM.

Program-program pemberdayaan e-UKM akan terus digelar di berbagai daerah di Indonesia. Harapannya program Kenduri e-UKM ini dapat memberikan pembekalan, jaringan baru, dan solusi bagi para pelaku UMKM untuk bertransformasi secara digital sehingga bisa berdagang secara online lebih cepat, aman, dan efisien.

“Dengan begitu, e-commerce menjadi solusi dalam menciptakan multiplier-effect terhadap tumbuhnya perekonomian nasional,” ujar Aulia E. Marinto, Ketua Umum idEA dalam siaran pers, Rabu (11/10/2017).

Marketplace, sebuah kanal pemasaran yang dapat dimanfaatkan pelaku UMKM, menawarkan one stop service bagi para pelaku usaha perorangan maupun perusahaan. Tidak hanya sebagai kanal untuk memasarkan produk lebih luas lagi, melainkan juga berbagai kemasan marketing untuk meningkatkan awareness dan transaksi penjual.

Bisnis model marketplace membutuhkan kerjasama berbagai elemen ekosistemnya, salah satunya dari sisi penjual. Penjual diharuskan rajin membuka toko online-nya, menjaga stok produk, berkomitmen dengan pengiriman dan kesesuaian pemesanan barang, dll.

Monika Viany, Head of Seller Development BLANJA.com berharap UMKM Indonesia, khususnya UMKM di JawaTimur dapat memanfaatkan marketplace untuk meningkatkan pemasarannya, tidak hanya berjualan di media sosial.

Berdasarkan pengalaman, UMKM yang sukses berjualan di BLANJA.com, biasanya sangat inovatif, baik dari segi tampilan toko, produk, packaging dan promo.

Kenduri e-UKM yang diselenggarakan kali ini menghadirkan beberapa narasumber, antara lain

  • Suko Widodo – Akademisi Universitas Airlangga yang membawakan materi Peluang Pemasaran Produk Lokal Melalui Digital Marketing
  • Jaya Setiabudi - Yukbisnis.com, Mindset Bisnis di Dunia Online
  • Subiakto P - Pakar Branding, Branding adalah Nilai Tambah
  • Setyo Harsoyo - CEO Sprint Asia, Social Payment untuk Bisnis UKM
  • PT Pos Indonesia, Pengantar Logistik di E-Commerce Indonesia
  • Michael Darmawan, KASKUS, Kiat Sukses Online Bersama BCA
  • Monika Viany Rahayu, Head of Seller Development BLANJA.com, Sukses Berjualan di Marketplace
  • Anton Harimawanto, Founder by REQUEST INVITATION, Pengalaman Berdagang dengan Instagram & Kekuatan Konten

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper