Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Danpac Pharma Bidik Pertumbuhan Penjualan 15%

PT Danpac Pharma menargetkan pertumbuhan penjualan sebesar 15% sepanjang tahun ini.
Sensitif, salah satu produk Danpac Pharma./JIBI
Sensitif, salah satu produk Danpac Pharma./JIBI

Bisnis.com, JAKARTA—PT Danpac Pharma menargetkan pertumbuhan penjualan sebesar 15% sepanjang tahun ini.

Yoevan Wiraatmadja, Presiden Direktur Danpac Pharma, mengatakan perseroan berani membidik pertumbuhan dua digit ketika industri lain tengah lesu karena permintaan masyarakat untuk alat kesehatan tidak ikut menurun.

“Kami optimistis target tersebut akan tercapai, sampai Agustus 2017 kami sudah tumbuh dua digit. Bisnis alat kesehatan masih oke,” katanya kepada Bisnis.com, Kamis (28/9/2017).

Danpac merupakan perusahaan yang menjual alat kesehatan berupa alat tes kehamilan, alat tes kesuburan, dan kontrasepsi yang berdiri sejak 2004. Beberapa merek yang beredar di pasar antara lain Sensitif, Akurat, Ovutest, Jitu, Sensitif Vivo, dan Narcotest.

Terkait dengan volume penjualan, Yoevan enggan menyebutkan secara rinci. Namun, sebagai gambaran dia mengatakan saat ini dengan potensi kehamilan sebesar 5 juta wanita per tahun, Danpac memiliki pangsa pasar sebesar 60% hingga 70% secara nasional untuk alat tes kehamilan melalui dua merek, Sensitif dan Akurat.

Menurutnya, permintaan masyarakat untuk alat kesehatan terus bertumbuh seiring dengan peningkatan jumlah penduduk Indonesia. Pertumbuhan penjualan perseroan yang positif juga disebabkan karena alat kesehatan yang dijual merupakan alat sekali pakai.

“Walaupun bisnis alat kesehatan tumbuh baik, tetapi tetap ada tantangan, yaitu persaingan dengan produk impor dari China yang lebih murah. Cuma kan sekarang sudah dibatasi, Indonesia harus bisa produksi sendiri,” ujarnya.

Perseroan juga tengah membangun pabrik sendiri yang diperkirakan selesai dalam 1 tahun hingga 2 tahun mendatang. Yoevan menyatakan selama ini perusahaan mengimpor alat-alat kesehatan yang dipasarkan dengan merek sendiri.

Saat ini, pembangunan pabrik tersebut telah selesai. Perusahaan masih mengurus izin di Kementerian Kesehatan dan Badan Koordinasi Penanaman Modal. Dalam membangun pabrik ini, Danpac menggandeng perusahaan asal Singapura, Steril Medical Singapore.

Dari sisi penjualan, alat tes kehamilan merupakan produk yang paling banyak dijual dengan porsi lebih dari 50%. Danpac baru saja meluncurkan produk barunya, yaitu Sensitif Digital, berupa alat tes kehamilan yang menampilkan hasil secara digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper