Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kontraktor Swasta Inginkan Porsi Lebih Besar

Meskipun menyambut baik baik rencana pemerintah melakukan lelang dini sejumlah proyek 2018 pada Oktober tahun ini, Gapensi menginginkan agar kontraktor swasta diberi porsi yang lebih besar dalam menggarap proyek infrastruktur pemerintah.

Bisnis.com, JAKARTA — Meskipun menyambut baik baik rencana pemerintah melakukan lelang dini sejumlah proyek 2018 pada Oktober tahun ini, Gapensi menginginkan agar kontraktor swasta diberi porsi yang lebih besar dalam menggarap proyek infrastruktur pemerintah.

Wakil Sekretaris Jenderal Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Errika Ferdinata mengatakan, lelang sejumlah proyek 2018 yang dilakukan pada tahun ini akan berdampak pada pelaksanaan proyek yang cepat pada tahun depan.

“Lelang dini ini dampaknya sangat baik ya, di mana pada tahun anggaran proyek tersebut sudah mulai pelaksanaan,” ujarnya kepada Bisnis, Minggu (10/9/2017).

Akan tetapi, pihaknya berharap supaya pemerintah memberi porsi yang besar keterlibatan swasta dalam melaksanakan proyek infrastruktur pada tahun depan.

“Kami berharap porsi swasta lebih besar dalam pembangunan proyek infrastruktur,” kata Errika.

Ketua Asosiasi Tol Indonesia (ATI) Fatchur Rochman menuturkan, lelang dini yang dilakukan pemerintah sebagai upaya untuk mencapai sejumlah target pada 2019.

“Kami sambut baik rencana pemerintah yang melakukan upaya lelang dini. Pemerintah mengejar sejumlah target pada 2019 sehingga lelang dini ini merupakan cara agar proyek itu tepat waktu pelaksanaannya,” ucapnya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basoeki Hadimoeljono menuturkan, lelang dini memberi pengaruh yang cukup baik dalam penyerapan anggaran. “Progresnya lebih tinggi. Plus 5% dari waktu tidak ada lelang dini.”

Rencananya, Kementerian PUPR mulai melakukan lelang secara bertahap untuk 5.000 paket pekerjaan mulai Oktober mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper