Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kontraktor Swasta Inginkan Porsi Lebih Besar

Meskipun menyambut baik baik rencana pemerintah melakukan lelang dini sejumlah proyek 2018 pada Oktober tahun ini, Gapensi menginginkan agar kontraktor swasta diberi porsi yang lebih besar dalam menggarap proyek infrastruktur pemerintah.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 11 September 2017  |  09:33 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Meskipun menyambut baik baik rencana pemerintah melakukan lelang dini sejumlah proyek 2018 pada Oktober tahun ini, Gapensi menginginkan agar kontraktor swasta diberi porsi yang lebih besar dalam menggarap proyek infrastruktur pemerintah.

Wakil Sekretaris Jenderal Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Errika Ferdinata mengatakan, lelang sejumlah proyek 2018 yang dilakukan pada tahun ini akan berdampak pada pelaksanaan proyek yang cepat pada tahun depan.

“Lelang dini ini dampaknya sangat baik ya, di mana pada tahun anggaran proyek tersebut sudah mulai pelaksanaan,” ujarnya kepada Bisnis, Minggu (10/9/2017).

Akan tetapi, pihaknya berharap supaya pemerintah memberi porsi yang besar keterlibatan swasta dalam melaksanakan proyek infrastruktur pada tahun depan.

“Kami berharap porsi swasta lebih besar dalam pembangunan proyek infrastruktur,” kata Errika.

Ketua Asosiasi Tol Indonesia (ATI) Fatchur Rochman menuturkan, lelang dini yang dilakukan pemerintah sebagai upaya untuk mencapai sejumlah target pada 2019.

“Kami sambut baik rencana pemerintah yang melakukan upaya lelang dini. Pemerintah mengejar sejumlah target pada 2019 sehingga lelang dini ini merupakan cara agar proyek itu tepat waktu pelaksanaannya,” ucapnya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basoeki Hadimoeljono menuturkan, lelang dini memberi pengaruh yang cukup baik dalam penyerapan anggaran. “Progresnya lebih tinggi. Plus 5% dari waktu tidak ada lelang dini.”

Rencananya, Kementerian PUPR mulai melakukan lelang secara bertahap untuk 5.000 paket pekerjaan mulai Oktober mendatang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gapensi proyek infrastruktur asosiasi tol indonesia (ati)
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top