PENGEMBANGAN SMART CITY: Panasonic Masih Pilih-Pilih Produk

Bisnis.com, TOKYO Panasonic Grup hingga kini masih mengkaji jenis produk home appliances yang akan dipasangkan ke dalam rumah tapak hasil kerja sama dengan PT Puradelta Lestari Tbk.
Achmad Aris | 24 Agustus 2017 15:53 WIB
Panasonic - ilustrasi

Bisnis.com, TOKYO — Panasonic Grup hingga kini masih mengkaji jenis produk home appliances yang akan dipasangkan ke dalam rumah tapak hasil kerja sama dengan PT Puradelta Lestari Tbk.

Sebelumnya, PT Panasonic Gobel Indonesia melalui anak usahanya PT PanaHome Gobel Indonesia memastikan proyek properti perdananya dengan Puradelta Lestari bertajuk PanaHome Deltamas akan diluncurkan dalam 2 tahun mendatang atau pada 2019.

Director in Charge of Indonesia Panasonic Asia Pasific Pte. Ltd. Ichiro Suganama mengatakan, pihak Panasonic sedang membicarakan dengan pihak Sinarmas dan Puradelta Lestari terkait jenis produk home appliances apa yang akan dipasangkan ke dalam rumah tapak yang mengusung konsep smart city tersebut. “Karena ini [jenis produk] terkait dengan anggaran dan target harga jual per unit. Dengan target harga jual tersebut, kira-kira kami bisa masuk ke mana saja, ini yang sedang dibicarakan,” jelasnya, Rabu (23/8/2017) malam.

Menurutnya, konsep perumahan yang berlokasi di kawasan Delta Mas tersebut akan mengadopsi konsep smart city yang telah dilakukan di Fujisawa Sustainable Smart Town yang terletak di Fujisawa, Jepang.  “Benchmark-nya Fujisawa City tapi memang tidak akan sama persis karena kalau sama, harga jualnya bisa mahal. Di Fujisawa saja harga per unitnya sekitar Rp7 miliar,” jelasnya.

Menurutnya, kemungkinan besar target harga jual per unit di Indonesia berkisar Rp1,5 miliar-Rp1,8 miliar.

Dia menjelaskan, kerja sama membangun perumahan berkonsep smart city merupakan salah satu strategi penjualan baru yang dilakukan oleh Panasonic Group. Selama ini, penjualan produk bersifat konvensional yakni menggandeng dealer, business to business, dan penjualan langsung ke pemerintah.

Dalam proyek kerja sama ini, PanaHome Deltamas akan mendirikan sebuah kawasan hunian yang aman dan nyaman, dengan gaya hidup yang baik dan berimbang. Nilai proyek diperkirakan mencapai Rp3 triliun dan akan digarap hingga 2026.

PanaHome sendiri merupakan perusahaan pengembang perumahan di bawah Grup Panasonic yang sudah beroperasi lebih dari 50 tahun atau sejak 1963 dan telah membangun sekitar 480.000 rumah di seluruh Jepang.

Perusahaan pun sudah melakukan ekspansi bisnis ke Taiwan dan Malaysia. Di kedua negara tersebut, perusahaan juga membutuhkan waktu 5 tahun untuk uji coba sebelum benar-benar melakukan realisasi pembangunan.

Sebelumnya, Puradelta Lestari  dan PanaHome Asia Pacific Pte. Ltd. sepakat membentuk perusahaan patungan PT PanaHome Deltamas Indonesia untuk membangun kawasan hunian berkonsep sustainable smart town di dalam kawasan Kota Deltamas. PanaHome Deltamas akan didirikan sebagai perusahaan patungan dengan pembagian kepemilikan 51% untuk PT PanaHome Gobel Indonesia dan 49% untuk Puradelta Lestari.

PanaHome Deltamas akan membangun sebuah kawasan perumahan dengan mengkombinasikan konsep Puradelta Lestari dalam mengembangkan area hunian yang terintegrasi dengan distrik-distrik bisnis di Kota Deltamas.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
smart city

Editor : Achmad Aris

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top