Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Bandara yang Paling Rawan Jadi Lokasi Penyelundupan Benih Lobster

Sejumlah bandara menjadi lokasi penyelundupan benih lobster yang paling rawan. Oleh karenanya, perlu mendapat pengawasan ekstra.
Abdul Rahman
Abdul Rahman - Bisnis.com 02 Juli 2017  |  20:24 WIB
Ini Bandara yang Paling Rawan Jadi Lokasi Penyelundupan Benih Lobster
Ilustrasi lobster - Reuters
Bagikan

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Sejumlah bandara menjadi lokasi penyelundupan benih lobster yang paling rawan. Oleh karenanya, perlu mendapat pengawasan ekstra.

Koordinator Nasional Destructive Fishing Watch (DFW) Indonesia Mohammad Abdi Suhufan mengatakan bandara-bandara utama yang perlu diawasi adalah I Gusti Ngurah Rai Bali, Soekarno-Hatta Jakarta, Lombok International Airport dan Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.

"Terutama untuk penumpang dan pesawat tujuan Batam, Singapura, dan Vietnam," katanya dalam keterangan resmi pada Minggu (2/7/2017).

Tingginya angka penyelundupan benih lobster disebabkan besarnya permintaan pasar internasional terhadap benih lobster dengan harga tinggi terutama Vietnam.

Di sisi lain, Vietnam selama ini dikenal sebagai negara produsen penghasil lobster dan mereka mempunyai politik dagang demi mempertahankanimage tersebut. Namun, benih lobster di Vietnam kini semakin berkurang akibat eksploitasi.

Berdasarkan pemantauan DFW-Indonesia selama Juni 2017 tercatat empat kali upaya penyelundupan benih lobster berhasil digagalkan yaitu di Bandara Adi Sucipto Yogyakarta, Lombok Nusa Tenggara Barat, Blimbingsari Banyuwangi, dan Soekarno-Hatta Jakarta.

Dalam empat kasus tersebut pihak keamanan bandara berhasil menggagalkan 273.191 benih lobster senilai Rp35 miliar.

Data tersebut merupakan hasil monitoring dari berbagai macam kasus yang digagalkan oleh aparat terkait seperti Bareskrim Polri, Badan Karantina Ikan Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan beberapa kepolisian daerah seperti Jawa Timur dan Lampung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandara penyelundupan Lobster
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top