Beli Tiket Feri Lebih Nyaman di Buffer Zone, Ini Lokasinya

Membeli tiket kapal feri dapat dilakukan di area buffer zone sehingga tak perlu lagi berdesak-desakan di pelabuhan. Sistem ini sudah diberlakukan oleh PT ASDP Indonesia Ferry sejak 2016.
Abdul Rahman | 30 Juni 2017 16:51 WIB
Sejumlah penumpang menuruni kapal penyeberangan Padangbai-Lembar (Bali-Lombok) di Pelabuhan Padangbai, Karangasem, Bali, Rabu (14/6). PT ASDP menyiapkan 33 armada kapal feri dan mengoperasikan dua dermaga Pelabuhan Padangbai untuk melayani penumpang penyeberangan Bali-Lombok selama masa angkutan mudik lebaran yang diperkirakan akan mencapai puncaknya pada H-2 lebaran. ANTARA FOTO - Fikri Yusuf

Bisnis.com, JAKARTA - Membeli tiket kapal feri dapat dilakukan di area buffer zone sehingga tak perlu lagi berdesak-desakan di pelabuhan. Sistem ini sudah diberlakukan oleh PT ASDP Indonesia Ferry sejak 2016.

Di buffer zone pemudik dapat membeli tiket secara online maupun off line (go show) sekaligus beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan.

Berdasarkan data ASDP yang dikutip Bisnis, Jumat (30/6/2017), untuk akses menuju Pelabuhan Merak, Banten, lokasi buffer zone terbagi di 5 titik yakni Lapangan Villa Permata Hijau, rest area kilometer 43 dan kilometer 68 Tol Tangerang-Merak, kantor polisi sub sektor Grogol-Merak, dan Hotel Mangku Putra-Merak.

Sedangkan untuk akses menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung, lokasi buffer zone tersebar di 3 titik yaitu Terminal Rajabasa, Masjid Agung Kalianda, dan Rumah Makan Begadang 4.

Sementara di Pelabuhan Ketapang Banyuwangi lokasi buffer zone terbagi di 3 titik yaitu Istana Gandrung, Jembatan Timbang Watudodol dan Pelindo Tanjung Wangi.

Tahun ini, kapasitas angkut kapal di tujuh lintasan utama yang dipantau ASDP selama arus mudik dan balik Lebaran 2017 yaitu sebanyak 191 unit kapal.

Ratusan kapal itu terdiri dari lintasan Merak-Bakaheuni dengan total kapal yang beroperasi 58 unit kapal, Ketapang-Gilimanuk total 46 kapal, Padangbai-Lembar total 32 kapal, Bajoe-Kolaka 9 kapal, Tanjung Api-Api-Tanjung Kelian total 8 kapal, Kayangan-Pototano total 22 kapal, dan Kariangau-Penajam total 16 kapal.

Tag : kapal feri, mudik lebaran
Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top