Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aptrindo Usul Bitung Pintu Masuk Impor Holtikultura

Jelang peresmian dibukanya rute kapal roll on-roll off(Ro-ro) Indonesia-Filipina, pemerintah disarankan menjadikan Bitung sebagai pintu masuk impor produk holtikultura.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com,JAKARTA - Jelang peresmian dibukanya rute kapal roll on-roll off (Ro-ro) Indonesia-Filipina, pemerintah disarankan menjadikan Bitung sebagai pintu masuk impor produk holtikultura.

Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Bidang Distribusi dan Logistik Kyatmaja Lookman mengatakan, salah satu kekhawatiran pelaku usaha saat rute tersebut dibuka adalah muatan balik ke Bitung dan Pulau Jawa.

"Dengan memindahkan produk holtikultura ke Indonesia Timur, maka harga buah impor jadi mahal dan muatan balik ada untuk kapal-kapal kita," ujarnya kepada Bisnis, Sabtu (18/3/2017).

Dia menjelaskan, biar bagaimana pun pusat industri Indonesia ada di Pulau Jawa. Sehingga barang yang dikirim dari Bitung ke Davao mayoritas berasal dari Jawa. "Tapi saat kembali ke Jawa tidak ada [muatan]," imbuhnya.

Oleh karena itu, menurutnya, pemerintah harus memfasilitasi jalur perdagangan tersebut agar kapal-kapal besar pengangkut produk holtikultura dan buah impor terpaksa merapat ke Bitung.

Dengan demikian, kapal-kapal yang kembali ke Jawa melalui pelabuhan Surabaya punya muatan balik.

Di samping itu, Bitung benar-benar akan berfungsi sebagai hub Indonesia Timur terutama jalur Asia dan Australia dan tidak perlu lagi melewati pelabuhan Singapura.

Terkait muatan balik, Kyatmaja pernah menanyakan langsung ke pengusaha kapal Filipina yang bakal jadi operator rute Davao-Bitung. "Saya tanya apakah bisa tahan tanpa muatan balik, mereka jawab mudah-mudahan," ungkapnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Abdul Rahman

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper