Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lalu Lintas Kapal Semakin Ramai, Selat Lombok Akan Dipasangi Sensor

Kementerian Perhubungan akan memasang sensor di sejumlah titik di Selat Lombok untuk meningkatkan keselamatan pelayaran di kawasan tersebut.

Bisnis.com, DENPASAR--Kementerian Perhubungan akan memasang sensor di sejumlah titik di Selat Lombok untuk meningkatkan keselamatan pelayaran di kawasan tersebut.

Sudarwedi, Kepala Distrik Navigasi Benoa mengatakan, Selat Lombok termasuk dalam alur laut kepulauan Indonesia (ALKI) II sehingga lalu lintas pelayarannya cukup ramai.

"Karena Pelabuhan Benoa dilalui ALKI II di Selat Lombok sehingga traffic-nya sangat tinggi. Dalam sebulan minimal 1500 kapal melintas dari berbagai negara," katanya di Denpasar, Selasa (21/2/2017).

Kapal-kapal tersebut sebagian besar datang dari Australia atau sebaliknya. Oleh karena itu, kemampuan peralatan vessel traffic service (VTS) di sekitar Selat Lombok akan ditingkatkan.

Pemasangan sensor tersebut rencananya akan dilakukan tahun ini juga. Salah satunya adalah di kawasan wisata Gili Trawangan, Lombok.

Untuk itu, Sudarwedi senantiasa berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait diantaranya syahbandar Pelabuhan Benoa, dinas pariwisata dan Pelindo.

Menurutnya, para stakeholder tersebut harus memanfaatkan fasilitas VTS yang dimiliki distrik navigasi Benoa guna menjamin keselamatan pelayaran di sekitar wilayah tersebut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Abdul Rahman
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper