Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Transportasi Darat ke Danau Toba Siap Tahun Ini

Guna mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional akses jalan menuju ke Danau Toba sudah tersedia, yakni dari Medan-Tebing Tinggi-Pematangsiantar-Parapat menuju destinasi wisata itu akan dibuka sebelum Lebaran 2017 atau sebelum akhir Juni.

Bisnis.com, JAKARTA -- Guna mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional akses jalan menuju ke Danau Toba sudah tersedia, yakni dari Medan-Tebing Tinggi-Pematangsiantar-Parapat menuju destinasi wisata itu akan dibuka sebelum Lebaran 2017 atau sebelum akhir Juni.

Paul Ames Halomoan, Kepala Balai Besar Jalan Nasional II Medan mengatakan perjalanan darat dari Danau Toba ke Medan kondisinya baik. "Kita sudah kontrak juga untuk multiyears, dari Desember 2016-2018, nilai kontraknya Rp 250-an miliar. Terus nanti didukung lagi dengan tol, dari Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi," kata Paul di kantor Kemenko Maritim, Jumat (3/2).

Dia menjelaskan keseluruhan progres perbaikkan jalur darat ini akan selesai Desember 2017 sampai dengan Tebing Tinggi, dan dilanjutkan dari Tebing Tinggi ke Pematangsiantar lalu Parapat. Menurut Paul, jalur yang macet selama ini berlokasi di Medan-Tebing Tinggi sepanjang 90 kilometer dan ditempuh paling cepat selama 3 jam.

Bahkan, dalam masa liburan atau peak season bisa diatas 5 jam. Dia pun optimistis kalau tol Kualanamu-Danau Toba rampung, maka perjalanan yang ditempuh hanya 2 jam dengan jarak 140 kilometer. "Makanya, kemarin Natal-Tahun Baru di Parapat bisa 11 jam ke Siantar, yang biasanya hanya dua jam," tuturnya.

Selain melalui jalur darat, untuk mendukung wisata Danau Toba, masih ada jalan alternatif dengan pesawat turun di Bandara Silangit. Pasalnya, kondisi jalan dari Silangit ke Parapat cukup bagus. Tahun ini pemerintah juga masih menyediakan dana pemeliharaan untuk jalur tersebut. "Trus ada jalan lagi dari Bandara Silangit ke utara.

Itu bagus, baru selesai. Ada lagi jalan dari Bandara Silangit ke Dolog Sanggul ke Tele, masuk ke Samosir. Itu jalan juga cukup bagus," jelasnya Khusus Tele Pangoroan keliling Samosir sepanjang 145 kilometer mulai dari Desember 2016 sudah ada kontrak multiyears yang akan selesai pada 2019. "Nah dananya itu, satunya 360 miliar, yang satunya 145 miliar, dua paket," ujar Paul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper