Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Operasional Bandara Sam Ratulangi Masih Ditutup, Bandara Djalaludin Dibuka Kembali

Operasional Bandara Sam Ratulangi, Sulawesi Utara masih ditutup imbas erupsi Gunung Ruang. Di sisi lain, Bandara Djalaludin di Gorontalo telah kembali dibuka.
Bandara Sam Ratulangi di Manado, Sulawesi Utara. /Dok. Angkasa Pura I
Bandara Sam Ratulangi di Manado, Sulawesi Utara. /Dok. Angkasa Pura I

Bisnis.com, JAKARTA – Operasional Bandara Sam Ratulangi, Sulawesi Utara masih ditutup imbas erupsi Gunung Ruang yang kembali terjadi pada Selasa (30/4/2024) 01.15 WITA. Di sisi lain, Bandara Djalaludin di Gorontalo telah kembali dibuka.

Dikutip dari media sosial resmi Bandara Djalaludin, aktivitas penerbangan di Bandara Djalaludin sebelumnya sempat ditutup hingga 1 Mei 2024. Namun berdasarkan hasil pengamatan aktivitas abu vulkanik dari erupsi Gunung Ruang, maka penerbangan dibuka kembali pada Kamis (2/5/2024).

"Kabar gembira! Bandara Djalaluddin Gorontalo kembali beroperasi dengan normal mulai hari Kamis 2 Mei 2024, Pukul 05:00 WITA setelah sebelumnya dilakukan penutupan sementara akibat terdampak erupsi Gunung Ruang, Kab. Sitaro, Sulawesi Utara," tulis di akun Instagram Bandara Djalaludin, Kamis (2/5/2024).

Sementara itu, Bandara Sam Ratulangi Manado, aktivitas penerbangan masih ditutup sementara. Hal ini didasari pada hasil pengamatan aktivitas abu vulkanik Gunung Ruang dan Notice to Airmen (Notam) A1170/24 NOTAMR A1160/24.

"Demi menjaga aspek keselamatan dan keamanan penerbangan, operasional Bandar Internasional Sam Ratulangi Manado "ditutup sementara" sampai dengan Kamis, 02 Mei 2024, pukul 18:00 WITA," tulis di akun Instagram Bandara Sam Ratulangi, Kamis (2/5/2024).

Sebelumnya, General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Maya Damayanti mengatakan terdapat ribuan penumpang yang terdampak akibat erupsi dari Gunung Ruang. Sebagian besar dari penumpang yang terdampak telah melakukan reschedule dan refund kepada masing-masing maskapai.

"Ada 65 pesawat dan 7.039 penumpang tiba dan berangkat yang terdampak di bandara Sam Ratulangi," kata Maya.

(Nona Amalia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Redaksi
Editor : Muhammad Ridwan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper