Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Barata Siap Pasok Komponen Lokomotif

GE dan Barata sudah sepakat untuk meningkatkan kandungan lokal produk lokomotif GE yang diproduksi di Indonesia.
Demis Rizky Gosta
Demis Rizky Gosta - Bisnis.com 03 Februari 2017  |  22:44 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – PT Barata Indonesia (Persero) siap menjadi pemasok komponen bagi industri perakitan lokomotif GE di Indonesia.

Direktur Utama PT Barata Indonesia (Persero), Silmy Karim, mengatakan GE dan Barata sudah sepakat untuk meningkatkan kandungan lokal produk lokomotif GE yang diproduksi di Indonesia.

“GE memang ada kesepakatan dengan Barata dalam meningkatkan local content lokomotif,” kata Silmy kepada Bisnis, Jumat (3/2/2017).

Dia memaparkan saat ini fasilitas peleburan (foundry) dan pencetakan logam (casting) Barata sudah memproduksi bogie dan beberapa komponen lain untuk GE.

Komitmen GE meningkatkan konten lokal lokomotif, jelasnya, membuka peluang bagi Barata untuk memasok lebih banyak komponen.

Silmy menjelaskan divisi foundry dan casting Barata bisa memasok komponen truck bolster, sedangkan komponen truck frame bisa diproduksi lewat proses casting, fabrikasi, dan permesinan BUMN tersebut.

GE merupakan salah satu pemasok utama lokomotif bagi PT Kereta Api Indonesia (Persero). Sebanyak 150 lokomotif disuplai oleh GE ke Indonesia sepanjang 2014—2016.

Produk yang diimpor Indonesia adalah lokomotif jenis CC206, lokomotif bermesin diesel berkekuatan 2.250 tenaga kuda. Lokomotif CC206 mampu menarik sekitar 30 gerbong barang atau 16 gerbong penumpang dan memiliki kecepatan maksimal 120 kilometer per jam.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kereta api lokomotif PT Barata Indonesia
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top