Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dwelling Time di Pelindo IV 2,5 Hari, Dirut: Kami Penuhi Keinginan Presiden

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) wilayah IV Makassar, Sulawesi Selatan akan mempertahankan 'Dwelling Time' atau waktu bongkar muat barang maksimal 2,5 hari sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo.
Pelabuhan Makassar/Ilustrasi
Pelabuhan Makassar/Ilustrasi

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) wilayah IV Makassar, Sulawesi Selatan akan mempertahankan dwelling time atau waktu bongkar muat barang maksimal 2,5 hari sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo.

"Kami terus berupaya melakuka penurunan dwelling time dengan membentuk desk yang tidak hanya melibatkan pelaku usaha tetapi dari pemerintah maupun pihak kepolisian," papar Direktur Utama PT Pelindo IV Doso Agung dalam ekspos Dwelling Time di Pelindo VI, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (18/11/2016).

Dengan demikian, kata Doso, seluruh hambatan yang ada bisa segera diatasi dengan dwelling time yang saat ini pada kisaran stabil 2,5 hari atau di bawah 2,5 hari. "Ini berarti telah memenuhi keinginan Presiden Jokowi seperti yang disampaikan beberapa waktu lalu saat peresmian Jakarta New Port," paparnya.

Selain itu, pihaknya berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi, Polda Sulsel, Otoritas Pelabuhan, Bea Cukai, Karantina, Perindustrian dan Perdagangan karena keberhasilan dwelling time di pelabuhan Makassar.

"Saya berharap supaya semua pihak terus menjaga kondisi ini untuk dapat dipertahankan maksimal 2,5 hari. Informasi terakhir diperoeh dwelling time Pelindoa IV telah menyentuh pada angka 2,48 hari," sebutnya.

Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo hadir pada kesempatan itu mengatakan sejauh ini pihaknya juga berusaha melakukan peningkatan ekspor sejalan dengan dwelling time di Pelabuhan Makassar kian membaik.

"Capaiannya saat ini sudah sampai 2,48 hari. Tentu saja ini angka terendah dari semua pelabuhan utama di Indonesia. Semoga tetap dipertahankan," kata Gubernur Sulsel dua priode ini.

Meski demikkian, pihaknya senantiasa memfokuskan pada keunggulan komoditas ekspor pada basis sektor pertanian, perkebunan, dan perikanan untuk di kirimkan ke luar negeri.

"Dengan mempertahankan dwelling time, tentu peningkatan aktivitas ekspor kita akan semakin lancar. Selain nilai ekspor semakin membaik juga menjadi nilai tambah, kebijakan ini sangat berkontribusi terhadap peningkatan ekonomi kita di daerah," ungkap dia.

Kepala Polisi Daerah Sulawesi Selatan Inspektur Jenderal Polisi Anton Charliyan juga hadir dalam kegiatan itu mengemukakan selama ini pihaknya tidak hanya berperan sebagai keamanan dalam masyarakat, tetapi ikut andil dalam kelancaran perekonomian daerah dan negara.

"Kami tentu berperan aktif dalam penurunan dwelling time maupun peningkatan ekonomi di Sulsel. Kami selalu mengawasi bila terjadi hambatan dalam proses dwelling time atau waktu bongkar muat termasuk terlibat dalam pelabuhan Makassar untuk mempertahankan itu," ucapnya.

Anton juga mengimbau agar semua pihak tidak lagi melakukan pungutan liar atau pungli di luar ketentuan karena akan ditindak tegas termasuk dalam kegiatan yang tidak ada pelayanannya.

"Pokoknya yang tidak ada dalam ketentuan dalam pelayanan tidak boleh ada pungutan atau masuk pungli maka segera ditinda tegas untuk diproses hukum karena dianggap menghambat waktu bongklar muat atau dwelling time," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper