Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia Pasar Utama, Linetrust Gelontor Asean US$600 Juta

Grup Linetrust telah memutuskan untuk menggelontorkan dana senilai US$600 juta untuk melayani pasar Asean secara ekslusif dengan target utama yakni pasar Indonesia.
Industri pulp and paper. /Bisnis.com
Industri pulp and paper. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA--Grup Linetrust telah memutuskan untuk menggelontorkan dana senilai US$600 juta untuk melayani pasar Asean secara ekslusif dengan target utama yakni pasar Indonesia.

Aryanav Paper Mills Private Limited, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur kertas bertipe Kraft Liner dan Top White Liner yang beroperasi di daerah Telangana, India, telah menjadi bagian dalam asosiasi keuangan senilai US$21 juta dalam bentuk hutang jangka panjang dari Linetrust International Offshore Limited asal Inggris.

Dana itu untuk menunjang 54.000 Unit Manufaktur Hi-BF Kraft Liner dan Top White Liner. Penandatanganan kerjasama antar kedua perusahaan digelar di Inter-Continental Mid Plaza Hotel, Jakarta, Indonesia.

Direktur Capitico PRG Pvt. Ltd., Rajeev Goel selaku perwakilan Asosiasi, menjelaskan jalinan kerjasama ini dapat mengubah dinamika industri kertas di India. Hal ini dapat membantu Aryanav Paper memaksimalkan kemampuannya dengan mengisi kekosongan yang timbul atas permasalahan utang yang melilit banyak perusahaan manufaktur kertas di India.

"Kini telah mengurangi kapasitas produksinya sebagai akibat dari bertambahnya biaya bahan baku kertas atau telah menutup usahanya dikarenakan adanya kelangkaan modal kerja, katanya, Senin (7/11/2016).

Amit Gupta, Direktur Aryanav Paper Mills, berpendapat kerjasama dengan Linetrust International akan membantu usahanya dalam memproduksi kertas Liner terbaik yang ada di pasaran.

Dengan biaya dari utang turun dengan drastis, akan memiliki pengaruh secara langsung terhadap topline dan bottom line."Sehingga memungkinkan kami untuk berkompetisi secara sehat dengan rekan-rekan kami yang juga sedang berjuang melawan tingginya biaya baku dan beban bunga hutang, tuturnya.

Gupta juga mengekspresikan kebahagiaan sekaligus rasa terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada pihak Linetrust International yang telah menaruh kepercayaan dalam bentuk upaya greenfield venture ini, yang memungkinkan impiannya menjadi nyata.

Linetrust International dalam pernyataannya telah menggarisbawahi adanya kebutuhan akan utang dengan biaya rendah untuk perusahaan-perusahaan di seluruh dunia sebagai bentuk perlawanan atas tingginya biaya daur ulang sampah bubur kertas, salah satu bahan baku untuk manufaktur kertas Kraft Liner.

Linetrust International menolak berkomentar perihal pengaturan pembiayaan dengan Aryanav Paper Mills Private Limited.

Kantor cabang Asean dari grup Linetrust yang berkedudukan di Jakarta, Indonesia, telah berkecimpung dalam bisnis peminjaman kepada sektor-sektor yang tergolong brick & mortar atau sektor sektor yang berkecimpung pada bisnis yang notabene berurusan dengan konsumennya secara langsung.

Kini, Linetrust telah secara terpadu menyelaraskan strategi bisnisnya untuk mengadopsi teknologi pembiayaan era baru, seperti melalui bioteknologi, e-commerce, dan teknologi informasi lainnya yang berkorelasi dengan bisnis secara vertikal.

Grup Linetrust telah memutuskan untuk membuka dana senilai US$600 juta untuk melayani pasar Asean secara ekslusif dengan target utama yakni pasar Indonesia, sebagaimana dinyatakan oleh Manoj, selaku pemegang saham.

Mary Mam, salah satu pemegang saham yang mengurusi pasar pendanaan hutang Asean juga berpendapat bahwa segala bentuk usaha ini akan membantu meningkatkan sektor-sektor manufaktur yang kini sedang menghadapi peningkatan biaya bunga dan meningkatnya nilai bahan baku yang mempengaruhi industri domestik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sukirno
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper