Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bank Dunia: Ketahanan Ekonomi Indonesia Semakin Menguat

Bank Dunia menilai ketahanan ekonomi Indonesia semakin menguat akibat perbaikan tata kelola fiskal yang mendukung pertumbuhan ekonomi. Bank Dunia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi tahun ini sebesar 5,1%.
Veronika Yasinta
Veronika Yasinta - Bisnis.com 25 Oktober 2016  |  12:54 WIB
Pertumbuhan - Ilustrasi
Pertumbuhan - Ilustrasi

Bisnis.com, Jakarta-- Bank Dunia menilai ketahanan ekonomi Indonesia semakin menguat akibat perbaikan tata kelola fiskal yang mendukung pertumbuhan ekonomi. Bank Dunia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi tahun ini sebesar 5,1%.

Rodrigo Chavez, Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia, mengatakan perbaikan tata kelola fiskal seperti kebijakan publik yang lebih kuat serta reformasi struktural termasuk harga pangan telah memberikan hasil positif.

Keberhasilan pengurangan kemiskinan yang turun 0,4% pada kuartal I/2016 merupakan penurunan tahun ke tahun (year-on-year) terbesar dalam tiga tahun terakhir.

"Kemiskinan menurun disebabkan oleh program jaminan sosial yang sekarang menjangkau 3,5 juta keluarga melalui program keluarga harapan, meliputi penurunan kemiskinan," ucapnya, di Jakarta, Selasa (25/10/2016).

Kebijakan yang berhasil menurunkan kemiskinan di antaranya juga terkait stabilnya harga beras yang disebabkan oleh manajemen impor beras dan operasi pasar yang memadai.

Menurutnya, berlanjutnya ketahanan ekonomi dapat didorong melalui sektor pariwisata dan manufaktur sehingga makin banyak penciptaan lapangan kerja.

"Ke depan, kami optimis bahwa upaya berkelanjutan untuk mengembangkan pariwisata dan manufaktur akan menghasilkan lebih banyak pekerjaan, meningkatkan pendapatan ekspor, dan semakin mendukung pertumbuhan,"

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank dunia Pertumbuhan Ekonomi ekonomi indonesia
Editor : Gita Arwana Cakti
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top