Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Dunia: Ketahanan Ekonomi Indonesia Semakin Menguat

Bank Dunia menilai ketahanan ekonomi Indonesia semakin menguat akibat perbaikan tata kelola fiskal yang mendukung pertumbuhan ekonomi. Bank Dunia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi tahun ini sebesar 5,1%.
Pertumbuhan/Ilustrasi
Pertumbuhan/Ilustrasi

Bisnis.com, Jakarta-- Bank Dunia menilai ketahanan ekonomi Indonesia semakin menguat akibat perbaikan tata kelola fiskal yang mendukung pertumbuhan ekonomi. Bank Dunia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi tahun ini sebesar 5,1%.

Rodrigo Chavez, Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia, mengatakan perbaikan tata kelola fiskal seperti kebijakan publik yang lebih kuat serta reformasi struktural termasuk harga pangan telah memberikan hasil positif.

Keberhasilan pengurangan kemiskinan yang turun 0,4% pada kuartal I/2016 merupakan penurunan tahun ke tahun (year-on-year) terbesar dalam tiga tahun terakhir.

"Kemiskinan menurun disebabkan oleh program jaminan sosial yang sekarang menjangkau 3,5 juta keluarga melalui program keluarga harapan, meliputi penurunan kemiskinan," ucapnya, di Jakarta, Selasa (25/10/2016).

Kebijakan yang berhasil menurunkan kemiskinan di antaranya juga terkait stabilnya harga beras yang disebabkan oleh manajemen impor beras dan operasi pasar yang memadai.

Menurutnya, berlanjutnya ketahanan ekonomi dapat didorong melalui sektor pariwisata dan manufaktur sehingga makin banyak penciptaan lapangan kerja.

"Ke depan, kami optimis bahwa upaya berkelanjutan untuk mengembangkan pariwisata dan manufaktur akan menghasilkan lebih banyak pekerjaan, meningkatkan pendapatan ekspor, dan semakin mendukung pertumbuhan,"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Veronika Yasinta
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper