Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kain Tenun Songket Sambas Paling Diminati Masyarakat Kuching

Festival Produk Indonesia 2016 di Vivacity Mall, Kuching, Malaysia, 8 Juni-3 Juli 2016 yang digelar KJRI di Kuching bekerja sama Kementerian Parawisata RI, kain tenun songket Sambas merupakan produk pameran paling diminati masyarakat Kuching.
Kain songket/Ilustrasi-Antara
Kain songket/Ilustrasi-Antara

Bisnis,com, KUCHING, Malaysia - Festival Produk Indonesia 2016 di Vivacity Mall, Kuching, Malaysia, 8 Juni-3 Juli 2016 yang digelar KJRI di Kuching bekerja sama Kementerian Parawisata RI, kain tenun songket Sambas merupakan produk pameran paling diminati masyarakat Kuching.

"Hasil kerajinan tangan masyarakat Sambas berupa kain songketnya di festival ini paling laris atau laku keras. Orang Kuching di sini sangat tertarik meskipun harga terbilang mahal di mana harga per helai kisaran 1000-3000 ringgit," ucap Konsul Fungsi Ekonomi KJRI Kuching, Henny Mullyani di Kuching, Minggu (3/7/2016).

Henny menambahkan selain kain tenun Sambas yang mendapatkan sambutan positif oleh pengunjung festival, kuliner khas Kota Pontianak berupa minuman dari lidah buaya atau aloe vera juga tidak kalah larisnya.

"Minuman aloe vera dalam beberapa hari sudah habis terjual. Sehingga peserta festival dari Pontianak pulang lebih awal dari jadwal yang sudah ditentukan," katanya.

Henny menjelaskan hingga minggu ketiga sejak dibuka pameran, omzet dari transaksi penjualan sudah mencapai 800.000 ringgit. Hingga berakhirnya kegiatan dan meskipun rekap detailnya belum disusunnya, dia memprediksi paling tidak transaksinya bisa mencapai kisaran Rm100.000.

"Dari transaksi yang ada ini, belum lagi termasuk yang sudah ada pesan dengan sejumlah peserta festival ini. Ada yang mau baik menjadi distributor di Kuching maupun yang memesan secara pribadi,"tuturnya.

Pada dasarnya kata Henny, festival produk Indonesia 2016 bukan hanya semata-mata pada seberapa besar transaksi omzet penjualan namun jauh dari itu di mana lebih kepada membuka pasar baru bagi 12 UMKM yang ikut.

"Dari 12 UMKM berpartisipasi ada 90 produk yang ditawarkan kepada pengunjung. UMKM ikut itu dari empat daerah yakni Kota Pontianak, Singkawang, Kabupaten Sambas dan Kapuas Hulu,"terangnya.

Menurut Henny meskipun secara umum produk yang dipamerkan sudah sangat diminati namun ia tetap memberikan catatan agar ke depan lebih baik, terutama terhadap produk kuliner.

"Soal rasa produk kita sangat enak dan mampu bersaing. Namun masalahnya adalah ada beberapa produk kita masih perlu peningkatan terutama soal kemasan. Kemasan kita bahannya kurang baik dan menarik,"paparnya.

Ke depan, ucapnya, produk Kalbar bukan lagi di Kuching melainkan ke negara lain. Dengan demikian ekonomi dari pelaku UMKM terus tumbuh dan berkembang.

"Paling tidak produk Kalbar di Kuching banyak dipasarkan sehingga jangan sampai sebaliknya. Semoga produk kita terus diminati. Terlepas dari kegiatan ini dimana kewenangan kami hanya sebatas membantu atau fasilitasi promosi di Kuching, ke depanya tergantung daerah masing- masing lagi untuk mengembangkan UMKM mereka," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper