Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementan Dorong Kembangkan Ternak Kerbau di Pemalang

Kementerian Pertanian kembangkan ternak ruminansia besar untuk memenuhi kebutuhan daging dalam negeri salah satunya yakni ternak kerbau di Kabupaten Pemalang.
Kerbau. /rri
Kerbau. /rri

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Pertanian kembangkan ternak ruminansia besar untuk memenuhi kebutuhan daging dalam negeri salah satunya yakni ternak kerbau di Kabupaten Pemalang.

Menurut data Sensus Tani 2013, populasi ternak kerbau di Kabupaten Pemalang berjumlah 7.340 ekor, sedangkan data yang dimiliki Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten pemalang tahun 2016 sekitar 8 ribu ekor. Populasi kerbau di Kabupaten Pemalang tersebut merupakan populasi terbesar kedua di Provinsi Jawa Tengah setelah Kabupaten Brebes.

Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Dirjen PKH) Muladno dalam kunjungannya ke daerah tersebut mengungkapkan banyaknya jumlah ternak itu berpotensi untuk dibentuknya Program Sentra Peternakan Rakyat (SPR).

“Nanti kedepannya dengan pendekatan kawasan melalui SPR, pengembangan ternak kerbau jadi solusi pemenuhan kebutuhan daging,” ungkap Muladno dalam siaran pers, Senin (30/5/2016).

Dia menambahkan di daerah itu terdapat Kelompok Petani Peternak Maheso Jati di Desa Kejambon Kecamatan Taman yang memiliki ternak sebanyak 235 ekor dengan jumlah keanggotan kelompok sebanyak 47 orang. Sedangkan, Kelompok Ternak Rimba Jaya di Desa Pagayungan Kecamatan Bantarbolang dengan populasi kerbaunya berjumlah 170 ekor dengan jumlah keanggotan kelompok sebanyak 20 orang.

“Contohnya pada Desa Pagayungan, dimana poplasi kerbau sudah berjumlah sekitar 600 ekor, sedangkan syarat untuk berdirinya 1 SPR ternak kerbau adalah adanya 500 ekor indukan,” bebernya.

Pemalang juga dikenal dengan kuliner khasnya berbahan dasar daging kerbau sepeti sate loso dan soto grombyang. Pengembangan ternak kerbau ditambah dengan pola masyarakatnya yang sudah terbiasa memelihara ternak kerbau merupakan bekal dasar pengembangan ternak kerbau di Kabupaten Pemalang.

“Kami berharap, rancangan Rencana Program Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang berencana mengusulkan 2 SPR ternak kerbau di Kabupaten Pemalang untuk segera dimatangkan dan diajukan ke pusat, mengingat pada tahun 2017 pihaknya merencanakan program 200 SPR diseluruh Indonesia,” tegasnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Pemalang Budhi Raharjo menyampaikan berdasarkan program prioritas rancangan RPJMD Kabupaten Pemalang 2016-2021 yang terkait dengan sub sektor peternakan adalah pengembangan SPR kerbau di Kecamatan Taman dan Bantarbolang, serta SPR sapi potong di Kecamatan Belik dan Watukumpul.

“Kehadiran Dirjen PKH, memberikan semangat pembangunan peternakan bagi Kabupaten Pemalang” ungkap Budhi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Atiqa Hanum
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper