Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cowell Berminat Menerbitkan Dana Investasi Realestate (DIRE)

PT Cowell Development Tbk. berniat mencari pendanaan lewat instrumen dana investasi real estat atau DIRE dalam lima tahun mendatang. nn
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 30 Mei 2016  |  23:15 WIB
Sejumlah pekerja menyelesaikan pembangunan jembatan yang menghubungkan Pusat Grosir Senen Jaya-Plaza Atrium Senen di kawasan Senen, jakarta Pusat - Antara
Sejumlah pekerja menyelesaikan pembangunan jembatan yang menghubungkan Pusat Grosir Senen Jaya-Plaza Atrium Senen di kawasan Senen, jakarta Pusat - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - PT Cowell Development Tbk. berniat mencari pendanaan lewat instrumen dana investasi real estat atau DIRE dalam lima tahun mendatang. 

Direktur Utama PT Cowell Development Tbk., Edhi Sutanto mengatakan perseroan berniat menggalang dari lewat DIRE dalam lima tahun mendatang. Namun, dia menyebut mengatakan perseroan perlu menambah dua hingga tiga aset properti investasi lain sebelum merilis aset yang sudah ada. 

"Terutama kami perlu tambah mall, kami memang menunggu aset kami mature dahulu [sebelum dilepas]," ujarnya kepada Bisnis.com di Jakarta, Senin (30/5/2016).

Saat ini, Cowell memiliki dua aset properti investasi yang menghasilkan pendapatan berulang atau recurring income. Dua aset itu yakni Plaza Atrium dan Cowell Tower. Keduanya terletak di bilangan Senen, Jakarta Pusat.

Tingkat keterisian Plaza Atrium hingga per Desember 2015 mencapai 95,90% dari total area sewa bersih seluas 33.379 m2. Sementara itu, tingkat keterisian Cowell Tower mencapai 68% dari total area seluas 22.259 m2. 

Menurut Edhi, perseroan tertarik menggalang dana lewat DIRE karena pemerintah berniat memberikan stimulus berupa penurunan pajak. Sebagaimana diketahui, pemerintah akan menerbitkan peraturan pemerintah (PP) yang mengatur besaran pajak penghasilan final sebesar 0,5% untuk DIRE. 

Di samping itu, bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB) juga akan dipangkas dari 5% menjadi 1%. Alhasil, total pajak yang dibebankan dalam instrumen DIRE akan tersisa 1,5%, lebih rendah dari pajak yang diterapkan Singapura sebesar 3%.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cowell development
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top