Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jawa Barat Perlu Miliki 5 Pusat Logistik Berikat

Asosiasi Logistik dan Forwarder (ALFI) Jawa Barat menilai Jawa Barat sedikitnya memiliki lima lokasi Pusat Logistik Berikat (PLB) untuk menekan biaya logistik.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, BEKASI--Asosiasi Logistik dan Forwarder (ALFI) Jawa Barat menilai Jawa Barat sedikitnya memiliki lima lokasi Pusat Logistik Berikat (PLB) untuk menekan biaya logistik.


Ketua DPW Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) M. Nuh Nasution mengatakan saat ini, rencana pembentukan PLB di Jawa Barat baru diajukan oleh pihak Cikarang Drya Port (CDP) di Cikarang. Kebutuhan akan pengembangan PLB sangat dibutuhkan agar masyarakat mendapatkan barang dengan lebih kompetitif.


Paling tidak, katanya, Jawa Barat memiliki 5 lokasi PLB yang berbeda dan diseusaikan dengan karakter dan potensi industri dari tiap-tiap daerah. "Paling tidak ada lima PLB yang sesuai potensi tiap daerah," katanya, Senin (29/02/2016).


Terkait adanya rencana pembangunan Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat, pihaknya belum dapat menilai lokasi mana yang cocok dibangun pelabuhan di Jawa Barat.


Namun demikian, kebutuhan akan pelabuhan baru di Jawa Barat mutlak dibutuhkan. Kebutuhan pelabuhan sebagai alternatif pengiriman barang nantinya akan berdampak pada penurunan biaya logistik nasional yang masih 28% dari Produk Domestik Bruto (PDB).


"Untuk rencana pembangunan Patimban saya belum mau bicara, tapi kebutuhan pelabuhan baru di Jawa Barat memang mutlak dibutuhkan."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhamad Hilman
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper