Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Bangun 10 Jembatan Gantung di Lebak, Provinsi Banten

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono meresmikan 10 jembatan gantung di Provinsi Banten, yang dipusatkan di Desa Kolelet Wetan, Kabupaten Lebak.
Ilustrasi: Jembatan Indiana Jones di Lebak, Banten/Antara
Ilustrasi: Jembatan Indiana Jones di Lebak, Banten/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono meresmikan 10 jembatan gantung di Provinsi Banten, yang dipusatkan di Desa Kolelet Wetan, Kabupaten Lebak.

Pembangunan jembatan gantung ini dimaksudkan sebagai akses penghubung melintasi sungai untuk mempermudah masyarakat dan anak-anak sekolah melaksanakan aktivitas sehari-hari. Jembatan ini diperuntukkan hanya untuk pejalan kaki, sedangkan untuk kendaraan dibatasi hanya kendaraan roda dua.

Dengan terbangunnya infrastruktur itu diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperlancar arus ekonomi setempat. Pembangunan 10 jembatan tersebut didanai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Kementerian PUPR tahun anggaran 2015 sebesar Rp 45,6 miliar.

Menteri Puan mengatakan bahwa tidak semua pembangunan di daerah dibebankan ke pemerintah pusat. Menurutnya, pemerintah Kabupaten/Kota juga perlu proaktif dalam membangun daerahnya.

“Pemda sendiri yang mengetahui apa yang dibutuhkan di daerah, lalu program-program disinergikan," kata Puan dalam keterangan pers yang diterima Kamis (18/2/2016).

Ia mengatakan bahwa pembangunan jembatan gantung tersebut adalah inisiatif pemerintah pusat. Hal itu merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah pusat untuk mempermudah akses bagi masyarakat dan anak-anak sekolah.

Sementara, Menteri Basuki berpesan supaya masyarakat dapat menjaga dan memelihara jembatan yang sudah ada agar dapat berfungsi dengan baik. Ia menambahkan jembatan gantung itu tidak semuanya dibangun menggantikan jembatan lama namun ada juga yang yang dibangun di daerah yang belum ada jembatannya.

Jembatan gantung Kolelet yang diresmikan hari ini memiliki panjang 132 meter dengan lebar 1,7 meter, dengan konstruksi bangunan atas baja dan konstruksi bangunan bawah beton. Jembatan gantung Kolelet ini menghubungkan Desa Kolelet dengan Desa Kembang.

Sementara sembilan jembatan gantung lainnya adalah Ranca Wiru di Desa Sukamekarsari, Leuwi Loa di Desa Sudamanik, Cisimeut di Desa Sanghyang, Cigeulis di Desa Cigeulis, Cidikit di Desa Pamubulan, Cicariu di Desa Cicariu, Bojong Apus di Desa Bojong Apus, Cihambali di Desa Lebak Binong, dan Cidadap di Desa Ciuyah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper