Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Sambut Kedatangan Kapal Ternak Camara Nusantra I di Jakarta

Pemerintah hari ini, Jumat (11/12), menyambut kedatangan kapal ternak sapi KM Camara Nusantara 1 di Pelabuhan Tanjung Priok.
Ilustrasi/Antara-Rosa Panggabean
Ilustrasi/Antara-Rosa Panggabean

Bisnis.com, JAKARTA—Pemerintah hari ini, Jumat (11/12), menyambut kedatangan kapal ternak sapi KM Camara Nusantara 1 di Pelabuhan Tanjung Priok.

Pembangunan kapal sapi ini merupakan upaya optimalisasi untuk menata distribusi ternak sapi nasional dan perbaikan tata niaga dengan memanfaatkan kapal angkut khusus ternak, sehingga sapi dari Nusa Tenggara Timur (NTT) tidak lagi diangkut dengan kapal barang atau truk dengan jarak yang sangat panjang.

Pemanfaatan kapal khusus ternak yang menghubungkan antarpulau atau yang disebut tol laut ini, diharapkan dapat membantu pemenuhan kebutuhan sapi di daerah konsumsi oleh daerah sentra produksi,” ujar siaran pers Kementerian Pertanian, Jumat (11/12/2015).

Pengangkutan ternak sapi dengan pelayaran perdana kapal ternak KM Camara Nusantara 1 telah dilakukan pada Minggu tanggal 6 Desember 2015 pukul 01.00 WITA dari Pelabuhan Tenau Kupang NTT dan tiba di Pelabuhan Tanjung Priok pada hari Jum’at pagi, tanggal 11 Desember 2015.

Adapun, Jumlah ternak yang dikirim menggunakan kapal adalah sebanyak 353 ekor sapi Bali jantan yang memiliki rata-rata bobot hidup  250 – 350 kg.

Kementerian Pertanian memperkirakan rata-rata produksi daging sapi per ekor adalah 125 kg.

Sementara itu, pengawalan ternak selama perjalanan dari Kupang menuju Jakarta dilakukan oleh petugas kesehatan hewan sebanyak 7 orang yang berasal dari BBVet Denpasar sebanyak 5 orang dan Karantina Pertanian Kelas I Kupang 2 orang.

Kapal pengangkut ternak KM Camara Nusantara 1 yang memiliki 500 ruang untuk sapi dan memiliki standar Internasional akan terus dimanfaatkan untuk pengiriman ternak dari wilayah produsen ternak seperti NTT, NTB dan Jawa Timur ke daerah konsumsi yakni Jabodetabek.

Menurut Kementerian Pertanian, pengiriman sapi dari daerah produsen dengan memanfaatkan kapal angkut ternak atau pemanfaatan tol laut ke daerah konsumsi ini diharapkan dapat maksimal karena diyakini mampu menekan harga distribusi sapi.

Pembelian ternak dari NTT ke DKI Jakarta dilakukan oleh Bulog yang dalam hal ini diwakili oleh Dolog.Ternak selanjutnya akan dikirim ke Kandang ternak lokal di Jalan Andini Sakti desa Gandasari kecamatan Cikarang Barat, Bekasi Jawa Barat milik Perum Bulog,” tulis pihak Kementerian Pertanian.

Pemulihan ternak akan berlangsung selama dua hari di kandang penampungan Dolog. Selanjutnya sapi dapat dimanfaatkan oleh pembeli sebagai sapi bakalan dan siap potong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hadijah Alaydrus
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper