Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Produksi Premium di Kilang TPPI Capai 40% dari Kapasitas

Produksi bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium di kilang milik PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) telah mencapai 40% dari total kapasitas 61.000 barel per hari.
TPPI Tuban
TPPI Tuban

Bisnis.com, SURABAYA - Produksi bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium di kilang milik PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) telah mencapai 40% dari total kapasitas 61.000 barel per hari.

Wianda Pusponegoro, Vice President Corporate Communication, mengatakan perusahaan sedang berupaya mengoperasikan kilang TPPI dengan kapasitas penuh.

Saat ini, produksi Premium di kilang tersebut sekitar 40%, dan ditargetkan mampu memproduksi 61.000 barel Premium per hari.

“Kilang TPPI sudah lama tidak berproduksi, dan kami berupaya mengoptimalkannya, karena tidak ingin aset yang bagus itu idle,” katanya di Terminal BBM Pertamina Grup Surabaya, Jawa Timur, Selasa (10/11/2015).

Wianda menuturkan pengoperasian kilang TPPI dengan kapasitas penuh dapat menghemat devisa negara hingga US$1,9 miliar per tahun, atau setara dengan Rp24 triliun, karena dapat mengurangi impor Premium hingga 20%.

Saat ini konsumsi Premium nasional mencapai 29,5 juta kilo liter per tahun. Dari jumlah tersebut, 17,1 juta barel di antaranya diperoleh dari luar negeri melalui skema impor. Start up pengoperasian kilang TPPI sendiri dilakukan pada akhir September 2015.

Kilang TPPI kembali dioperasikan oleh Pertanina setelah statusnya sempat dinonaktifkan karena kasus dugaan korupsi dan pencucian uang dalam penjualan kondensat yang melibatkan TPPI dan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

Kilang tersebut sempat dioperasikan pada 1 November 2013 sebagai kerja sama pengolahan (Tolling Agreement) antara TPPI dengan Pertamina. Namun, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyarankan agar kilang tersebut kembali ditutup, sehingga kembali tidak produktif.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper