Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina Rampungkan Proyek Kilang TPPI Fase 1 Senilai Rp379,75 Miliar

Proyek kilang PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) fase 1, yakni pengerjaan Outside Battery Limit (OSBL) proyek revamping aromatik telah selesai dan diresmikan pada 20 Desember 2021 oleh PT Pertamina (Persero).
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menandatangani peresmian OSBL Proyek Revamping Aromatik TPPI./Istimewa
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menandatangani peresmian OSBL Proyek Revamping Aromatik TPPI./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Proyek kilang PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) fase 1, yakni pengerjaan Outside Battery Limit (OSBL) proyek revamping aromatik telah selesai dan diresmikan pada 20 Desember 2021 oleh PT Pertamina (Persero).

Adapun, peresmian tersebut dilakukan oleh Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, dan dihadiri oleh Direksi dan Komisaris Pertamina, Direksi dan Komisaris PT Kilang Pertamina Internasional, Direksi PT Tuban Petrochemical Industries, serta Bupati Tuban.

“Pertamina terus berupaya meningkatkan kapasitas kilang dalam rangka optimalisasi produk BBM [bahan bakar minyak] dan memperbaiki kualitas BBM, serta Naptha. Untuk mengantisipasi penurunan permintaan terhadap BBM, Pertamina mengintegrasikan kilang petrochemical, mengingat saat ini produk tersebut masih diimpor,” ujar Nicke dalam keterangan resminya, Selasa (21/12/2021).

Direktur Utama PT Tuban Petrochemical Industries Sukriyanto menjelaskan, proyek revamping kilang TPPI adalah salah satu milestone penting dari serangkaian langkah-langkah yang disepakati dalam perjanjian antara Menteri Keuangan dan PT Pertamina (Persero) pada Agustus 2018 dalam rangka pengembangan industri petrokimia nasional.

Penyelesaian OSBL, berupa 5 unit Tangki berfungsi tidak hanya untuk mendukung keseluruhan proyek revamping aromatik, namun juga dapat meningkatkan fleksibilitas operasional Kilang TPPI.

Penyelesaian OSBL tersebut termasuk pembangunan 5 unit Tangki, lengkap dengan sistem perpipaan, kelistrikan, instrumentasi, dan safety, dengan nilai proyek sebesar Rp379,75 miliar.

Pembangunan OSBL yang telah selesai dan di-commissioning terdiri atas tiga tangki berkapasitas 40.000 kiloliter, satu tangki dengan kapasitas 38.000 kiloliter, dan 1 tangki berkapasitas 15.200 kiloliter. Seluruhnya pun sudah mulai digunakan dalam operasi Kilang TPPI sejak 18 Desember 2021.

TPPI memulai pembangunan OSBL pada Juni 2020 dan dapat diselesaikan sesuai target, yakni 18 bulan. Faktor-faktor kesuksesan penyelesaian proyek OSBL tersebut, di antaranya adalah sistem kontrak Engineering, Procurement, and Construction (EPC) yang kuat melalui pendefinisian Scope of Work (SOW) proyek secara jelas, dan menerapkan prinsip Good Corporate Governance (GCG) secara konsisten.

“Langkah tersebut diawali dengan pengambilalihan TubanPetro oleh Menteri Keuangan dan Pertamina, peningkatan kepemilikan saham di TPPI dan sekaligus memberikan tambahan modal untuk peningkatan kapasitas kilang, serta inisiasi beberapa proyek pengembangan pada anak perusahaan TubanPetro lainnya,” ujarnya.

Direktur Utama PT Kilang Pertamina Internasional Djoko Priyono menambahkan, pihaknya berkomitmen penuh untuk mengembangkan kilang TPPI, tidak hanya pada aspek operasi, tetapi juga aspek bisnis ke depan melalui optimasi, serta integrasi antara Kilang TPPI dan kilang-kilang Pertamina yang ada.

“Pengembangan dari Kilang TPPI ini dibagi menjadi 2 bagian utama, yaitu proyek revamp TPPI guna memaksimalkan produksi paraxylene, dan proyek olefin TPPI,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Lili Sunardi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper