Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wah, O-RENZ Taxi Bakal Ada di Jakarta Mulai Tahun Depan

Perusahaan taksi O Renz taxi berencana melakukan ekspansi operasional di Jakartan
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, SURABAYA--Perusahaan Taksi asal Surabaya O-RENZ Taxi berencana melakukan ekpansi operasional di Daerah Ibu Kota Jakarta pada awal tahun depan. Anak usaha dari PT Astra International Tbk itu kini sedang menjalani rangkaian proses perizinan operasional sehingga armada dapat diluncurkan tepat waktu pada Januari.

General Manager PT Serasi Transportasi Nusantara (O-RENZ Taxi) Qodarul Mujib mengatakan langkah ekspansi ini sengaja ditempuh sebagai
pengembangan usaha di kala ekonomi sedang melambat. Perusahaan terus mencari ceruk pasar prospektif untuk menjaring laba. Pasalnya, laba perusahaan di paruh pertama tahun ini tergerus 10%-15% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Kendati tidak menyebutkan angka pasti terkait target laba dan pencapaiannya, pihaknya optimistis langkah ekspansi ke Jakarta akan berkontribusi terhadap pencapaian laba.

Strategi ini memang termasuk langkah yang sangat berani untuk masuk pasar Jakarta. Kami tahu persaingannya juga tidak mudah. Bahkan burung biru di Jakarta sudah punya puluhan ribu armada, katanya di Surabaya, Jumat (2/10)

Meski begitu, perusahaan akan menonjolkan sisi pelayanan yang berbeda sehingga cepat diterima oleh masyarakat Ibu Kota. Apalagi, perantau asal Jawa Timur di Ibu Kota juga terbilang banyak. Mereka dinilai sebagai pasar awal yang telah paham dengan pelayanan O-RENZ Taxi di
Jawa Timur, Khususnya Surabaya. "Di tahap pertama kami bakal meluncurkan 500 unit taksi ke pasaran," ujarnya.

Mujib menilai pangsa pasar untuk moda transportasi taksi masih sangat besar dan terbuka lebar. Dia mengakui adanya penurunan jumlah pelanggan sekitar 15% lantaran eksisnya moda transportasi ojek berbasis aplikasi. Namun, seiring dengan perbaikan ekonomi di tahun depan maka pelanggan setia taksi akan tetap memanfaatkan jasa taksi.

Ini ekonomi sedang melambat jadi masyarakat cenderung memilih moda ojek yang lebih murah. Semua beralih ke sana [ojek]. Nanti kalau ekonomi kita pulih makan pelangganan taksi balik pakai taksi lagi, terangnya.

Dia menuturkan, segmentasi pelanggan taksi dan ojek sebenarnya sangat berbeda. Pelanggan taksi berpegang teguh terhadap kenyamanan berkendaraan yang terhindar dari panas, hujan dan polusi.

Selain itu, perempuan tercatat sebagai pelanggan setia moda taksi. O-RENZ Taxi mencatat dari seluruh pelanggan, 68% adalah perempuan dengan
rentang usia produktif antara 25-35 tahun.

Oleh karena itu, peningkatan pelayanan mutlak diptimalkan. Saat ini perusahaan sedang fokus memaksimalkan pelayanan O-RENZ Taxi di Surabaya yang berjumlah 1.100 armada. Apabila pelanggan di sini senang maka kabarnya akan cepat tersebar lewat mulut ke mulut atau media sosial dan
diharapkan sampai ke telinga pemakainya.

Adapun, pelayanan yang ditingkatkan dimulai dari pembinaan berkala terhadap pengemudi dan telephonis. Pasalnya, keduanya merupakan ujung tombak dari kepuasan maupun kekecewaan pelanggan.

Kami gelar Refreshment Training berkala pengi pengemudi dan Telephonis [penerima order] untuk mengikuti standar layanan yang telah kami tetapkan,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper