Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peluang Ekspor Minyak Kelapa ke Eropa Sangat Terbuka

Peningkatan kinerja ekspor produk minyak kelapa, khususnya untuk pasar eropa masih sangat terbuka. Pasalnya, perubahan gaya hidup di Eropa terhadap penggunaan bahan makanan juga memberikan pengaruh terhadap permintaan minyak kelapa.

Bisnis.com, JAKARTA -- Peningkatan kinerja ekspor produk minyak kelapa, khususnya untuk pasar eropa masih sangat terbuka. Pasalnya, perubahan gaya hidup di Eropa terhadap penggunaan bahan makanan juga memberikan pengaruh terhadap permintaan minyak  kelapa.

Tren peningkatan ekspor minyak kelapa pada 2010 – 2014 mencapai 4,57%. Indonesia menjadi negara ekportir minyak kelapa terbesar kedua setelah Filipina dengan pangsa pasar ekspor sebesar 36,1% terhadap total ekspor minyak kelapa dunia.

“Jika CPO kita mendapatkan black campaign segala macam. Kalau dari coconut sebenarnya tidak banyak tantangan. Jadi sebenarnya prospeknya cukup besar untuk produk bahan dasar minyak goreng ini. Apalagi kita menghasilkan kelapa yang cukup besar,” kata Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor  Nasional Kementerian Perdagangan Ari Satria.

Presiden Direktur PT Barco David Surono mengatakan saat ini minyak kelapa Indonesia lebih banyak digunakan untuk konsumsi pasar dalam negeri. Tetapi setiap tahun, permintaan untuk ekspor pun mengalami peningkatan yang cukup besar.

“Dari tahun ke tahun ada peningkatan yang cukup signifikan. Kalau kami (PT Barco) baru ke Hungaria, China, Taiwan, dan Korea. Tahun depan kita akan coba masuk ke Amerika Serikat,” kata David.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Avisena
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper