Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Okupansi Turun, Hotel di Semarang Sasar Segmen Keluarga

Segmentasi keluarga pada bisnis perhotelan di Semarang dinilai tetap prospektif di tengah melemahnya pangsa pasar lain akibat pelemahan ekonomi dan kebijakan pemerintah.
Ilustasi hotel. /tuguhotels.com
Ilustasi hotel. /tuguhotels.com

Bisnis.com, SEMARANG - Segmentasi keluarga pada bisnis perhotelan di Semarang dinilai tetap prospektif di tengah melemahnya pangsa pasar lain akibat pelemahan ekonomi dan kebijakan pemerintah.

MG Suites, salah satu hotel di Kota Semarang milik Setiawan Group, yang fokus menggarap pangsa pasar tersebut bahkan tetap mampu mempertahankan tingkat hunian kamar atau okupansi hingga 68% di tengah tren penurunan okupansi hotel di Jawa Tengah.

General Manager MG Suites Ipung Purwono menuturkan sejak dioperasionalkan pada 2014 pihaknya terus berfokus pada segmentasi pasar tersebut.

Karena itu, jelasnya, kebijakan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi yang pada akhir tahun lalu membatasi kegiatan birokrat di fasilitas swasta tidak terlalu berpengaruh.

Di sisi lain, ujarnya, langkah pengetatan bujet yang diambil kebanyakan korporasi saat perlambatan ekonomi tidak juga memengaruhi tingkat okupansi kamar hotel.

“Kami tidak terlalu mengandalkan itu. Kami berfokus pada segmen keluarga yang puncaknya pada weekend. Okupansi sekitar 68%,” unkapnya saat ditemui Bisnis.com, Jumat (10/7/2015).

Ipung menuturkan MG Suites yang dikategorikan bintang empat dan menyediakan 148 kamar akan terus berfokus pada segmen keluarga.

Apalagi, ungkapnya, pihaknya ke depan akan mengoperasionalkan kawasan mix usedyang menghadirkan fasilitas taman bermain, foodcourt dan hotel terbaru.

“Taman bermain ini pertama di Kota Semarang, sehingga akan memperkuat lokasi ini menjadi destinasi keluarga,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper