Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PHI Siap Berikan Pelatihan Kemasan UMKM

Pengemasan produk yang baik merupakan salah satu tantangan yang dihadapi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia. Kemasan juga menjadi salah satu faktor penting yang membuat konsumen memutuskan untuk memilih produk tersebut.
Pelatihan juga dilakukan untuk menciptakan model pengemasan dan pengepakan yang tepat guna. /Bisnis.com
Pelatihan juga dilakukan untuk menciptakan model pengemasan dan pengepakan yang tepat guna. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pengemasan produk yang baik merupakan salah satu tantangan yang dihadapi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia. Kemasan juga menjadi salah satu faktor penting yang membuat konsumen memutuskan untuk memilih produk tersebut.

Melihat masih banyaknya pelaku UMKM yang belum memahami pentingnya kemasan, membuat perusahaan supllier kemasan asal Bandung Packaging House Indonesia (PHI) memberikan jasa pelatihan terkait kemasan kepada para pelaku UMKM.

Pelatihan yang dilaksanakan oleh Divisi Pelatihan dan Desain Kemasan tersebut biasanya bekerja sama dengan pemerintah dan pihak swasta untuk mengadakan pelatihan dengan bentuk workshop maupun seminar.

Melalui website resminya klikkemasan.com, PHI menjelaskan pelatihan yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan harga jual maupun kualitas dari produk bahan pangan, baik olahan maupun segar.

Selain itu, pelatihan juga dilakukan untuk menciptakan model pengemasan dan pengepakan yang tepat guna, sehingga bisa meningkatkan nilai jual produk sesuai dengan segmentasi pasar yang dibidik.

Bekerja sama dengan konsultan yang berpengalaman, PHI memberikan pelatihan mulai dari pemberian wawasan terkait  kegunaan teknik kemasan dan pengemasan yang sesuai dengan standardisasi, mendesain kemasan dan sistem pelabelan, serta cara pengepakan tepat guna supaya produk pangan tidak mudah remuk.

Adapun, materi utama yang disampaikan PHI dalam bentuk pelatihan atau seminar di antaranya mengenai jenis dan bahan kemasan, kemasan standar untuk UMKM, kreativitas desain bagi pelaku usaha, pengenalan mesin kemasan untuk UMKM, dan labelling serta pengguan barcode, P-IRT dan logo halal.

Dengan adanya jasa pelatihan yang diberikan tersebut, PHI berharap agar UMKM Indonesia bisa mengimplementasikan penggunaan kemasan yang baik demi kualitas produk yang lebih terjamin.

Selain memberikan jasa pelatihan desain dan wawasan terkait kemasan, perusahaan yang berpusat di Bandung tersebut juga menerima pembuatan kemasan produk dengan sasaran konsumen utamanya adalah UMKM.

PHI juga bisa menjadi sarana pembuatan kemasan bagi UMKM dengan biaya minimum serta membantu untuk memperbaiki kemasan produk yang suda ada sehingga bisa lebih bersaing di pasar.

Adapun, produk-produk yang tersedia di PHI terdiri atas tiga jenis bahan kemasan, yakni flexible packaging, composite can, kemasan kertas dan karton, serta berbagai macam mesin pengepakan.

Bahan kemasan yang termasuk dalam jenis flexible packaging antara lain plastick food grade, plastick standing pouch, alumunium bag, botol, cup dan jar, serta tabung mika.

Sementara itu, composite can tersedia dengan diameter mulai dari 65 milimeter hingga 126 mm, dan tinggi kaleng mulai dari 50 mm hingga 300 mm yang tersedia dalam berbagai macam, seperti membrane soft top, triple telescope, easy open dan metal plug.

Untuk kemasan dengan jenis kertas dan karton, PHI menyediakan dalam bentuk paper bag atau shopping bag, paper box, dan corrugated box.

Adapun, mesin pengepakan yang tersedia di antaranya hand sealer, vacuum sealer, alumunium foil membrane manual sealing machine, seamer easy open end machine, dan penanda kedaluarsa. []

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper