Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BSD GOP 6 Diklaim 40% Lebih Hemat Energi

Sinar Mas Land (SML) meyakini area perkantoran di BSD Green Office Park (GOP) 6, Tangerang Selatan, layak disebut bangunan hijau dengan konsumsi energi 40% lebih hemat.
Logo BSD Greeb Office Park/bsdcity.com
Logo BSD Greeb Office Park/bsdcity.com

Bisnis.com, TANGERANG--Sinar Mas Land (SML) meyakini area perkantoran di BSD Green Office Park (GOP) 6, Tangerang Selatan, layak disebut bangunan hijau dengan konsumsi energi 40% lebih hemat.

Sejumlah aspek yang dijagokan SML guna menonjolkan GOP sehingga dapat sertifikasi green building di dalam dan luar negeri merujuk kepada konsumsi energi, pengelolaan air, dan keberadaan ruang terbuka hijau.

Director Regulation, Compliance, and Sustainable Programm SML Ignesjz Kemalawarta menjelaskan pihaknya menerapkan sistem recycle untuk air. Tata letak gedung dibuat dari utara ke selatan sehingga matahari tidak menyorot kaca langsung.

"Kami juga pakai double glass untuk mengurangi panas sehingga penggunaan AC lebih sedikit. Prinsip semacam ini yang kami terapkan untuk gedung GOP 6 ini," ucapnya, di Tangerang Selatan, Kamis (21/5/2015).

Konsep tersebut menjadikan SML mampu membangun GOP dengan efisiensi energi mencapai 40% dibandingkan dengan gedung perkantoran biasa di Jakarta.

GOP 6 contohnya, dalam setahun hanya menyedot 140 kWh setrum per meter persegi, sedangkan gedung biasa mencapai 200 kWh.

Ignejz berpendapat meskipun investasi yang dibutuhkan untuk membangun gedung hijau lebih mahal tetapi untuk operasional jangka panjang justru lebih hemat.

Gedung-gedung biasa menggunakan kaca film biasa yang harga materialnya lebih murah, tetapi akhirnya menggunakan pendingin ruang dengan ongkos listrik jauh lebih mahal.

"Gedung hijau seperti GOP 6 ini akan balik modal dalam tiga tahun, sehingga setelah itu biaya operasionalnya di tingkat yang lebih rendah," tuturnya.

Banyaknya pengembang properti, baik perumahan maupun perkantoran, di Tangerang dirasakan sebagai persaingan biasa. BSD GOP merupakan konsep bangunan perkantoran ramah lingkungan pertama yang ada di Tangerang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper