Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bangun Sebuah Gedung Hijau, Sinar Mas Butuh Rp250 Miliar

Sinar Mas Land (SML) memperkirakan investasi untuk membangun satu gedung perkantoran hijau (green building) butuh Rp250 miliar.
BSD Green Office Park. /bsdcity.com
BSD Green Office Park. /bsdcity.com

Bisnis.com, TANGERANG--Sinar Mas Land (SML) memperkirakan investasi untuk membangun satu gedung perkantoran hijau (green building) butuh Rp250 miliar.

Nilai tersebut merupakan patokan rerata karena kebutuhan investasi masing-masing proyek tidak tepat sama tergantung spesifikasinya.

Kini SML baru mengoperasikan gedung perkantoran hijau BSD Green Office Park (GOP) 6, selanjutnya akan merambah GOP 9.

Director Regulation, Compliance, and Sustainable Programm Sinar Mas Land (SML) Ignesjz Kemalawarta  mengatakan apabila GOP 6 butuh waktu pembangunan 1,5 tahun maka GOP 9 butuh dua tahun.

"GOP 9 sudah mulai dibangun. BSD GOP ini adalah green office pertama di Tangerang," tuturnya, di Tangerang Selatan, Kamis (21/5/2015).

Kepala Divisi Bangunan Perkantoran SML Anny Janty Gorat menjelaskan angka yang membubuhi nama setiap GOP bukan berdasarkan urutan pembangunan gedung. GOP 6 dan 9, contohnya, merujuk kepada lokasi lot tanah yang digunakan adalah lot 6 dan 9.

"GOP 6 adalah perkantoran hijau ini, GOP 9 juga. GOP 8 jadi kantor pusat Sinar Mas, sedangkan yang ketuju itu jadi kantor pemasaran, jadi bukannya loncat," ujar Anny.

Sejauh ini Sinar Mas menargetkan proyek gedung ramah lingkungannya dapat memenuhi standar level gold green district dari luar dan dalam negeri.

Hal ini terbukti dengan disabetnya sertigikasi  ini dari Build Construction Authority (BCA) Singapura.

Adapun untuk skala nasional, GOP dapat sertifikasi gold greenship dari Green Building Council Indonesia (GBCI).

Cara penilaian dua instansi ini, imbuh Ignejz, berbeda karena BCA menitik beratkan kepada efisiensi energi tetapi GBCI punya tiga komponen, yakni konsumsi energi, air bersih, dan ruang terbuka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper