Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Begini Trik Pisang Sunpride jadi Tampak Mulus

Pisang Sunpride produksi PT Nusantara Tropical Farm (NTF), anak usaha Gunung Sewu Grup, ternyata diperlakukan khusus sehingga memiliki kualitas standar ekspor.
Nenden Sekar Arum
Nenden Sekar Arum - Bisnis.com 30 April 2015  |  12:59 WIB
Pisang Sunpride - Bisnis/Nenden
Pisang Sunpride - Bisnis/Nenden
Bisnis.com, LAMPUNG TIMUR - Pisang Sunpride produksi PT Nusantara Tropical Farm (NTF), anak usaha Gunung Sewu Grup, ternyata diperlakukan khusus sehingga memiliki kualitas standar ekspor.
Pisang-pisang yang mulus dan berwarna kuning cerah tersebut diperlakukan secara istimewa, mulai dari pemilihan bibit hingga proses pengemasannya.
Manager SDM dan Kualitas Produk PT NTF Oom Aulia Amrullah menjelaskan sekurang-kurangnya perlu satu tahun untuk memproduksi sebuah pisang yang bisa ditemukan di pasar modern tersebut.
"Kamu mencoba menanam sampel buah pisang Cavendish dengan berbagai varian, kemudian kami pilih yang paling baik, tahan hama serta produktif," katanya saat kunjungan terbatas ke kawasan perkebunan PT NTF di Lampung, Rabu (29/4/2015).
Setelah dipilih, pohon terbaik tersebut akan dikembangkan menjadi bibit melalui kultur jaringan. Bibit-bibit tersebut kemudian ditanam di lahan perkebunan pisang yang mencapai 1.700 hektare.
Perlu waktu sekitar delapan bulan hingga pohon pisang berbunga, dan setelah mulai berbuah, tandan-tandan pisang disetiap pohon akan dilindungi dan dibungkus dengan kertas untuk melindungi buah dari serangan hama.
"Pisang sengaja dibungkus supaya tidak terkena sinar matahari dan diganggu hama, jadi kulitnya akan mulus," katanya.
Setelah berbunga, dibutuhkan waktu dua bulan hingga buah pisang bisa dipanen. Saat panen tersebut, pisang pun diseleksi ketat untuk menentukan buah mana saja yang memiliki kualitas ekspor dengan grade A.
Setidaknya ada tiga hal yang harus dimiliki produk sehingga layak ekspor atau masuk dalam produk grade A, yakni memiliki kulit yang mulus, panjang buah sekitar 7,5 inci, dan memiliki kalibrasi pada kisaran angka 3,9 sampai 4,9.
"Jika buahnya lebih kecil atau lebih besar dari standar tersebut, maka masuk dalam grade B, untuk dipasarkan dengan brand Sunfresh," imbuhnya.
Dia mengatakan, metode ekspor yang dilakukan pihaknya selain dengan menggunakan brand Sunpride, juga membuka peluang bagi buyer untuk menggunakan merek sendiri. Misalnya, untuk pengiriman produk ke China menggunakan merek Victory.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pisang sunpride
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top