Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menteri ESDM Resmikan Operasi Jaringan Distribusi Gas Bumi

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said meresmikan pengoperasian jaringan distribusi gas bumi (jargas) untuk rumah tangga di Jambi Selatan, Provinsi Jambi pada Sabtu (25/4/2015).
Menteri ESDM Sudirman Said/Antara
Menteri ESDM Sudirman Said/Antara

Bisnis.com, JAMBI -- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said meresmikan pengoperasian jaringan distribusi gas bumi (jargas) untuk rumah tangga di Jambi Selatan, Provinsi Jambi pada Sabtu (25/4/2015).

Peresmian ini dihadiri oleh Gubernur Jambi Hasan Basri Agus, Pelaksana Tugas Dirjen Migas IGN Wiratmaja, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Sutjipto dan para pejabat terkait lainnya.
Pembangunan jargas untuk rumah tangga yang terletak Kelurahan The Hok, Jambi Selatan, Provinsi Jambi sebanyak 4.000 sambungan rumah (SR).
Pasokan gas untuk infrastruktur berasal dari Joint Operating Body (JOB) Pertamina Talisman-Jambi Merang sebanyak 0.5 mmscfd dengan harga gas US$3,37 per mmbtu.
Bertindak sebagai operator adalah PT Pertagas Niaga dan PT JII, selaku badan usaha milik daerah Kota Jambi.
Pembangunan jargas ini merupakan anggaran tahun 2012 dan selesai dilaksanakan pada Februari 2013.
“Program ini juga merupakan komplementer konversi minyak tanah ke LPG untuk percepatan pengurangan penggunaan minyak bumi,” ujar Pelaksana Tugas Dirjen Migas I.G.N Wiratmaja .
Pembangunan jargas telah dilaksanakan sejak tahun 2009 dan hingga saat ini telah terbangun 89.460 SR, dengan perincian: Aceh (1 kota) sebanyak 3.997 SR, Sumatera Selatan (3 kota) 11.686 SR, Jambi (1 kota) 4.000 SR, Rusun Jakarta-Bogor-Tangerang sebanyak 5.254 SR, Jawa Timur (2 kota) 13.250 SR, Jawa Tengah (2 kota) 8.000 SR, Jawa Barat (6 kota) 24.577 SR, Kalimantan Timur (1 kota) 3.960 SR, Kalimantan Utara (2 kota) 6.666 SR, Sulawesi Selatan (1 kota) 4.172 SR dan Papua Barat (1 kota) 3. 898 SR.
Peresmian ini merupakan salah satu upaya Kementerian ESDM dalam melakukan diversifikasi energi, pengurangan subsidi, penyediaan energi bersih yang lebih murah serta penyediaan infrastruktur gas bumi untuk rumah tangga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper