Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Fantastis, Potensi Nilai Ekspor Mineral Pemegang SPE Rp95,81 Triliun

Nilai total kuota ekspor delapan perusahaan mineral yang telah memiliki surat persetujuan ekspor mencapai nilai US$7,37 miliar atau setara Rp95,81 triliun dalam satu tahun berdasarkan rekomendasi ekspor saat ini yang didapat per enam bulan.nn
Lucky Leonard
Lucky Leonard - Bisnis.com 18 Maret 2015  |  20:35 WIB
Perusahaan tambang PT Newmont Nusa Tenggara - Bisnis
Perusahaan tambang PT Newmont Nusa Tenggara - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Nilai total kuota ekspor delapan perusahaan mineral yang telah memiliki surat persetujuan ekspor alias SPE mencapai nilai US$7,37 miliar atau setara Rp95,81 triliun dalam satu tahun berdasarkan rekomendasi ekspor saat ini yang didapat per enam bulan.

Dari delapan perusahaan tersebut, PT Freeport Indonesia dan PT Newmont Nusa Tenggara yang sama-sama mengekspor konsentrat tembaga menjadi penyumbang terbesar dengan nilai masing-masing  US$4,49 miliar atau setara Rp58,37 triliun (US$1=Rp13.000) dan Rp1,68 miliar atau setara Rp21,84 triliun.

"Yang SPE ini tanggalnya beda-beda, tapi rekomendasinya per enam bulan. Kalau setahun potensi nilai ekspornya total US$3,73 miliar," kata Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Minerba) Kemnterian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) R. Sukhyar seusai rapat di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Rabu (18/3/2015).

Selain Freeport dan Newmont, enam perusahaan lain yang telah memegang SPE tersebut adalah PT Sebuku Iron Latiritic Ores dengan komoditas konsentrat pasir besi, PT Lumbung Mineral Sentosa dengan konsentrat timbal dan konsentrat seng, PT Smelting dengan anoda slime, PT Sumber Baja Prima dengan konsentrat pasir besi dan pellet pasir besi, PT Kapuas Prima Coal dengan konsentrat timbal, dan PT Megatop yang mengekspor konsentrat pasir besi.

Volume rekomendasi ekspornya masing-masing berkisar antar 800 ton hingga 3 juta ton per enam bulan. "Mereka semua ekspor konsentrat karena untuk besi dan tembaga boleh," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekspor Freeport mineral newmont konsentrat
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top