Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

100 Hari Jokowi-JK: Diuntungkan oleh Penurunan Harga Minyak

Ekonom Unika Atma Jaya Agustinus Prasteyantoko menuturkan pemerintahan Jokowi-JK selama 100 hari pertama mendapat keuntungan karena penurunan harga minyak dunia.Hal itu menyebabkan pemerintah mampu membenahi kebijakan subsidi yang berimbas baik pada kebijakan fiskal pemerintah untuk belanja produktif.
Stasiun pengisian BBM/Antara
Stasiun pengisian BBM/Antara

Bisnis.com, JAKARTA-Ekonom Unika Atma Jaya Agustinus Prasteyantoko menuturkan pemerintahan Jokowi-JK selama 100 hari pertama mendapat keuntungan karena penurunan harga minyak dunia.

Hal itu menyebabkan pemerintah mampu membenahi kebijakan subsidi yang berimbas baik pada kebijakan fiskal pemerintah untuk belanja produktif.
 
“momentum itu [penurunan harga minyak] jelas sangat menguntungkan pemerintah. Jika tidak mungkin awal pemerintah ini juga berdarah-darah,” ujarnya.
 
Dia tidak menampik jika kebijakan pemerintah yang menaikkan dan kemudian menurunkan kembali harga BBM menjadi bumerang karena inflasi sejauh ini belum termitigasi dengan baik.

Namun, kebijakan itu harus diambil mengingat ruang fiskal saat itu sangat tertekan. Tugas pemerintah selanjutnya ialah memitigasi dan meredam laju inflasi.
 
Agustinus berpendapat kebijakan pemerintah untuk mendorong investasi sektor produktif menjadi angin segar bagi dunia usaha dan perbankan.

Investasi pemerintah menurutnya harus diarahkan kepada sektor yang memiliki banyak efek seperti infrastruktur, pertanian, kelautan yang mampu mendorong tumbuhnya investasi lain.
 
Di sisi lain, penyaluran kredit perbankan juga diyakini akan jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan realisasi tahun lalu yang hanya mendekati 12%. Jika likuditas memadai,

Agustinus meyakini kredit perbankan pada tahun ini dapat tumbuh pada kisaran 15% hingga 17%.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper