Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

DPR Inginkan Pertumbuhan Ekonomi Tinggi

Di luar sikap sebelumnya, sebagian besar fraksi di DPR menginginkan pertumbuhan ekonomi tinggi tahun ini. Sikap ini berseberangan dengan pemerintah yang sudah melunak dengan menurunkan usulan asumsi pertumbuhan menjadi 5,6%.n
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 27 Januari 2015  |  00:56 WIB
/Ilustrasi
/Ilustrasi
Bisnis.com, JAKARTA -- Di luar sikap sebelumnya, sebagian besar fraksi di DPR menginginkan pertumbuhan ekonomi tinggi tahun ini. Sikap ini berseberangan dengan pemerintah yang sudah melunak dengan menurunkan usulan asumsi pertumbuhan menjadi 5,6%.
 
Dalam rapat kerja pembahasan asumsi makroekonomi APBN-P 2015, Senin (26/1/2015) malam, fraksi pendukung pemerintah PDI Perjuangan justru memandang asumsi pertumbuhan 5,8% sesuai usulan awal pemerintah dalam RAPBN Perubahan 2015 dipertahankan. 
 
Pandangan yang sama juga dikemukakan motor oposisi Koalisi Merah Putih (KMP), yakni Fraksi Partai Golkar, Gerindra, dan PKS. 
 
Fraksi Partai Demokrat mengajukan usulan yang sama meskipun dengan rentang 5,5%-5,8%.
 
"Ini peluang Jokowi mencetak footprint. Range (pertumbuhan) ditetapkan BI 5,4%-5,8%. Dengan memperhitungkan effect of setting, efek yang menghilangkan efek pengetatan moneter AS oleh quantitative easing Eropa, kami meletakkan pertumbuhan 5,8%," kata juru bicara Fraksi PDI-P Hendrawan Supratikno.
 
Sementara itu, empat fraksi mengusulkan target pertumbuhan ekonomi 5,6, sama seperti usulan terbaru pemerintah dalam raker pekan lalu. Keempat fraksi itu meliputi Partai Nasdem, PPP, PKB, dan PAN. 
 
"Target 5,8% sulit tercapai. Dan, proyeksi Bank Dunia (5,1%) cukup realistis. Kami menginginkan pertumbuhan cukup 5,6%," kata juru bicara Fraksi PAN M. Hatta.
Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pertumbuhan Ekonomi asumsi makro apbn-p 2015
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top