Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mendag Rachmat Gobel Dorong Pembenahan Industri Gula Rafinasi

Industri gula dalam negeri didorong melakukan pembenahan sehingga mampu memproduksi gula rafinasi untuk memenuhi kebutuhan industri makanan dan minuman.
 Gula rafinasi/Antara
Gula rafinasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Industri gula dalam negeri didorong melakukan pembenahan sehingga mampu memproduksi gula rafinasi untuk memenuhi kebutuhan industri makanan dan minuman.

"Kami meminta Menteri Perindustrian dan Menteri Pertanian agar industri gula dibenahi sehingga bisa membuat gula rafinasi untuk industri makanan dan minuman," kata Menteri Perdagangan Rachmat Gobel di sela kunjungan ke gudang Bulog Divre DKI Jakarta-Banten di Jakarta, Senin.

Pembenahan industri gula tersebut, lanjutnya, dengan peningkatan teknologi sehingga meningkatkan kualitas giling tebu dari petani.

Rachmat mengungkapkan revitalisasi industri gula memerlukan investasi mencapai Rp1,5 triliun untuk setiap pendirian pabrik baru.

"Dengan pembenahan industri gula diharapkan mampu memproduksi gula rafinasi yang bahan bakunya langsung dari tebu petani. Selain itu juga untuk mendorong industri makanan dan minuman dalam negeri," katanya.

Terkait asosiasi petani gula lokal yang meminta pemerintah menyarankan kepada industri makanan dan minuman untuk menggunakan gula lokal, bukan gula rafinasi Mendag menegaskan, bahwa pemerintah tidak bisa memaksakan hal itu.

Menurutnya, hal itu harus dikaji terlebih dahulu karena, makanan dan minuman di Indonesia itu punya standar dan kualitas yang berbeda-beda. sehingga tak bisa memaksakan harus menggunakan gula apa.

"Enggak bisa maksain dong kita harus pakai gula ini atau gula itu. Enggak bisa. Kalau harus pakai gula dalam negeri, itu produksinya harus memenuhi standar yang sudah diberlakukan mereka," ujarnya.

Rachmat menyatakan, pemaksaan penggunaan gula dalam kandungan makanan dan minuman harus benar-benar dihindari, karena menyangkut soal kesehatan konsumen yang mengonsumsi makanan dan minuman tersebut.

Oleh karena itu, lanjutnya, dalam jangka panjang pemerintah mendorong pembenahan industri gula nasional agar memiliki kemampuan memproduksi gula rafinasi bagi produsen makanan dan minuman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper