Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bisnis Minuman Ringan Diramal Naik 10% Tahun Depan

Produsen minuman ringan memproyeksikan perolehan bisnis pada tahun depan bisa 10% lebih baik dibandingkan dengan pencapaian tahun ini.
Dini Hariyanti
Dini Hariyanti - Bisnis.com 21 November 2014  |  13:04 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Produsen minuman ringan memproyeksikan perolehan bisnis pada tahun depan bisa 10% lebih baik dibandingkan dengan pencapaian tahun ini. 

Ketua Umum Asosiasi Industri Minuman Ringan (Asrim) Triyono Prijosoesilo mengatakan pertumbuhan penjualan pada tahun depan bisa mencapai 10% atau paling kecil 8%. Sementara bisnis pada tahun ini terbilang stagnan terhadap realisasi pada 2013.

“Pada tahun lalu omzet 26 miliar liter dengan nilai di kisaran Rp60 triliun jika asumsi harga minuman ringan Rp3.000 [per unit]. Kami harap tahun depan bisa pick up sejalan perbaikan infrastruktur,” tuturnya kepada Bisnis, Jumat (19/11/2014).

Beberapa tahun terakhir pertumbuhan bisnis minuman ringan bertengger di level 7% - 8%. Oleh karena itu dengan asumsi PDB di kisaran 5% - 6%, Asrim optimistis industri minuman tumbuh 7% - 8%. Apabila perekonomian bisa mencapai 7%, asosiasi percaya diri bisnisnya bisa melejit hingga 10%.

Permintaan minuman ringan di dalam negeri sejalan dengan perkembangan daya beli masyarakat. Tentu hal ini bisa terindikasi dari pertumbuhan ekonomi. Ini terpengaruh dari fokus penjualan yang 90% fokus kepada konsumen di dalam negeri.

Saat ini produk minuman dengan pangsa terbesar di dalam negeri adalah air minum dalam kemasan mencapai 60%. Selebihnya diisi produk minuman lain, seperti soft drink dan minuman beralkohol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

industri minuman minuman ringan
Editor :

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top