Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PT Amagedon Ajukan Investasi di Pelabuhan Teluk Bungus Padang

Perusahaan multi nasional yang berkantor di Jakarta PT Amagedon menunjukkan ketertarikan untuk investasi pembangunan dan pengembangan pelabuhan ikan Teluk Bungus Kota Padang.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, PADANG—Perusahaan multi nasional yang berkantor di Jakarta PT Amagedon menunjukkan ketertarikan untuk investasi pembangunan dan pengembangan pelabuhan ikan Teluk Bungus Kota Padang.

Kepala Badan Penanaman Modal Pelayanan dan Perizinan Terpadu (BPMP2T) Kota Padang Didi Aryadi mengatakan PT Amagedon sudah mengajukan penawaran untuk mengelola dan mengembangakan pelabuhan itu.

“Investor yang menunjukkan keseriusan untuk investasi baru satu, PT Amagedon. Beberapa investor lain sudah ada yang melakukan penjajakan. Kami masih akan lihat mana investor yang benar-benar serius berinvestasi,” ujarnya, Kamis (6/11/2014).

Didi enggan menyebutkan berapa penawaran dari perusahaan tersebut. Namun, dia mengatakan Pemkot Padang tetap menargetkan investasi untuk pembenahan pelabuhan itu mendekati Rp7 triliun.

Dia menyebutkan pelabuhan Teluk Bungus sudah masuk program pemerintah pusat sebagai bagian pengembangan industri perikanan di kawasan barat pulau Sumatra.

Menurutnya, tingginya potensi penangkapan ikan dan pengembangan pengolahan tuna di Sumatra Barat mendorong pentingnya keberadaan pelabuhan itu. Sehingga pemerintah Kota Padang mempercepat proses kemudahan investasi.

Agar memudahkan investasi, pelabuhan itu juga sudah memiliki masterplan, feasibility study, dan detail engineering design sehingga memudahkan investor untuk melakukan proses pengembangan.     

“Pemkot Padang sudah siapkan kawasan 500 – 1.000 hektar lahan dengan status tanah negara dan tanah ulayat. Sistemnya bisa melalaui kerjasama,” jelasnya.

Selain sudah tersedianya lahan, sarana pendukung pelabuhan itu a.l dekat dengan pelabuhan utama Teluk Bayur, sudah terdapat Depo Pertamina dan PLTU Teluk Sirih, berada di pinggir jalan lintas provinsi Sumbar-Bengkulu, ketersediaan listrik, air besih, dan jaringan komunikasi.

Lebih lanjut, dijelaskannya lokasi pelabuhan hanya berjarak 6 km dari pelabuhan Teluk Bayur, 20 km dari pusat Kota Padang, dan 40 km dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Akses jalan untuk ke daerah itu juga mudah seiring mulai dibangunnya jalan By Pass dua jalur Teluk Bayur-BIM.

Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah menegaskan akan mempercepat pembangunan dan pengembangan pelabuhan Teluk Bungus untuk meningkatkan pendapatan nelayan dan akses perikanan di kawasan barat Sumatra.

Dia mengatakan selain menawarkan kerjasama pengembangan pelabuhan itu ke pihak swasta, Pemkot Padang juga menawarkan pengembangan potensi penangkapan dan pengolahan tuna di daerah itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper