Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol Balikpapan-Samarinda: Lelang Investasi Sudah Dapat Dilakukan

Pemerintah menyatakan proyek jalan tol Balikpapan-Samarinda sudah dapat dilelangkan kepada investor.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah menyatakan proyek jalan tol Balikpapan-Samarinda sudah dapat dilelangkan kepada investor.

Direktur Jenderal Bina Marga Djoko Murjanto mengatakan proses lelang investasi sudah dapat dilakukan, karena proses pembebasan lahan telah mencapai 80%, yang artinya konstruksi fisik jalan tol sudah dapat dilakukan.

Dia mengatakan sebelumnya proyek tol ini sempat terhenti karena terkendala pembebasan tanah yang melintasi kawasan hutan lindung. Sehingga, Pemda harus menunggu dikeluarkannya surat izin dari Kementerian Kehutanan.

"Waktu itu belum ada persetujuan jadi amdal berhenti, tetapi dengan adanya persetujuan dari Menteri Kehutanan, maka amdal bisa dilanjutkan lagi," kata Djoko ketika dijumpai di Gedung Kementerian Pekerjaan Umum, Jakarta, Rabu (16/7/2014).

Dalam kesempatan tersebut, Djoko juga mengungkapkan pemerintah telah menyediakan tambahan anggaran untuk pembangunan Rp2,5 triliun yang terdiri dari Rp1 triliun dari APBD Kaltim dan Rp1,5 triliun dari APBN.

Sisa biaya investasi akan ditanggung investor yang memenangkan lelang.

"Porsi dana yang siap bergerak dari pemerintah daerah, dan ditargetkan sebelum Oktober pembangunan dapat dilanjutkan," ujarnya.

Pemda Kaltim sebenarnya telah mengucurkan anggaran Rp2 triliun untuk land clearing.

Djoko mengatakan dengan penambahan anggaran ini diharapkan dapat meningkatkan daya tarik proyek bagi swasta dan dapat meningkatkan Internal Rate Of Return (IRR) atau pengembalian investasi jalan tol yang direncanakan terhubung menjadi Trans Kalimantan ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper